Ingin Sperma Berlimpah dan Berkualitas?

Perbanyak Makan Ikan, Hindari Daging Olahan

Ingin Sperma Berlimpah dan Berkualitas?
Ingin Sperma Berlimpah dan Berkualitas?

jpnn.com - BINGUNG harus ke mana jika ingin cepat punya keturunan atau menambah kepuasan istri di atas ranjang dengan menambah jumlah dan kualitas sperma? Anda tinggal pergi ke gym atau pasar ikan, tapi hindari daging olahan.

Kesimpulan tersebut dijelaskan dalam empat studi yang baru-baru ini dipresentasikan dalam sebuah konferensi kesuburan internasional tahunan American Society for Reproductive Medicine's (ASRM) di Boston.

Mengapa riset ini dirasa penting? Sebelumnya Mayo Clinic mencatat faktor lingkungan yang diketahui dapat mempengaruhi kesuburan pria seperti kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, kafein, narkoba dan obat-obatan tertentu. Namun, para peneliti merasa tidak semua faktor tersebut benar-benar memengaruhi kualitas maupun jumlah sperma.

Untuk menemukan jawabannya, peneliti memutuskan untuk melibatkan sekelompok pria yang diamati lebih mendalam agar peneliti dapat memastikan faktor-faktor mana saja yang benar-benar mempengaruhi sperma. Pada studi pertama, pakar gizi Myriam Afeiche dan rekan-rekannya dari Harvard School of Public Health mengevaluasi kondisi sperma lebih dari 150 pria di Massachusetts General Hospital Fertility Center. Dalam penelitian itu, partisipan diminta mengisi kuesioner terkait kebiasaan makan dan diambil sampel spermanya.

Ternyata, pria yang mengonsumsi satu hingga tiga porsi daging olahan memiliki bentuk sperma (morfologi) yang lebih buruk daripada pria yang mengonsumsi daging olahan paling sedikit. Sedangkan bentuk sperma terbaik dimiliki pria yang paling banyak makan ikan yang dagingnya berwarna putih seperti ikan kod dan halibut.

Sedangkan pria yang paling banyak mengonsumsi ikan yang dagingnya berwarna gelap seperti salmon, bluefish dan tuna, jumlah spermanya 34 persen lebih banyak dibanding pria yang paling sedikit makan ikan jenis ini. "Kami menemukan efek daging olahan jelas menurunkan kualitas sperma, sebaliknya ikan meningkatkan mutunya," kata Afeiche, seperti dilansir laman CBS News, Jumat (25/10).(fny/jpnn)


BINGUNG harus ke mana jika ingin cepat punya keturunan atau menambah kepuasan istri di atas ranjang dengan menambah jumlah dan kualitas sperma? Anda


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News