Ingin Swasembada, Terus Impor Gula

Ingin Swasembada, Terus Impor Gula
Ingin Swasembada, Terus Impor Gula
JAKARTA -- Pemerintah menyatakan tekadnya untuk bisa swasembada gula pada tahun 2014. Namun hingga tahun 2011 ini, untuk memenuhi kebutuhan gula dalam negeri, pemerintah masih harus melakukan impor. Untuk itulah, berbagai kebijakan menuju swasembada gula tengah dilakukan pemerintah.

‘’Kita bertekad harus bisa swasembada tahun 2014. Karena itu ketersediaan lahan bagi petani gula dalam negeri untuk meningkatkan produksi, terus kita perhatikan,’’ kata Menteri Perindustrian MS Hidayat kepada wartawan di kantor Menko perekonomian Jakarta, Senin (3/1).

Salah satu langkah pemerintah adalah melakukan revitalisasi industri gula. Seperti revitalisasi PT Barata dan PT Boma Bisma Indra untuk meningkatkan kemampuannya dalam memproduksi mesin peralatan pabrik gula di bidang foundry, metal working dan boiler.

Juga akan dilakukan revitalisasi 8 pabrik gula (PG) yakni PG Merican, PG Semboro, PG Jatiroto, PG Takalar, PG Krebet Baru I, PG Krebet Baru II dan PG Candi baru melalui pernyertaan modal negara (PMN). Serta revitalisasi 46 pabrik gula melalui program subsidi bunga.

JAKARTA -- Pemerintah menyatakan tekadnya untuk bisa swasembada gula pada tahun 2014. Namun hingga tahun 2011 ini, untuk memenuhi kebutuhan gula

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News