Ingin Tambah Cerdas Saat Tidur? Coba 5 Kiat ini

Ingin Tambah Cerdas Saat Tidur? Coba 5 Kiat ini
Ilustrasi bangun tidur.

jpnn.com - Kecerdasan manusia ditentukan oleh banyak hal, antara lain faktor genetik, keturunan, gizi, dan lingkungan. Kecerdasan juga dibagi menjadi beberapa bagian yakni linguistik, logika, spasial, gerakan, musikal, interpersonal, intrapersonal, hingga naturalis. 

Pastinya semua orang ingin terus bisa meningkatkan kecerdasan. Berbagai cara dilakukan, mulai dari melatih daya pikir, menstimuli otak dengan berbagai aktivitas, konsumsi makanan yang kaya nutrisi untuk otak, dan masih banyak lagi. Namun, ternyata tak banyak orang yang tahu bahwa kecerdasan juga bisa ditingkatkan saat tidur. Kok, bisa?

Kecerdasan berawal dari masa kelahiran. Seseorang mewarisi kecerdasan dari orang tuanya, meski kondisi tersebut tak selamanya mutlak. Menurut dr. Anita Amalia Sari dari KlikDokter, orang tua yang cerdas sebagian besar akan melahirkan anak yang cerdas. Konidisi sebaliknya juga bisa terjadi. Hal ini dikarenakan faktor lingkungan juga berperan penting.

Pada 2013, sebuah studi yang menganalisis DNA dan tes IQ dilaksanakan oleh peneliti dari Universitas Quensland, Australia, memaparkan bahwa kontribusi gen pada IQ ternyata hanya 20-40 persen.

Tips meningkatkan kecerdasan saat tidur

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa meningkatkan kecerdasan, mulai dari menjaga asupan makanan, olahraga, hingga mengasah otak dengan terus belajar. Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan kecerdasan saat tidur juga, lho! Tak percaya? Lakukan kiat-kiat di bawah ini!

1.Pasang aromaterapi di kamar

Berdasarkan sebuah studi, aromaterapi – khususnya aroma mawar – dapat menciptakan sensasi relaksasi pada otak. Mereka yang terpapar dengan aroma ini pada malam hari saat tidur bakal merasakan efek istirahat yang lebih tenang dan itu bagus untuk kesehatan otak. Para peneliti mengatakan bahwa sistem penciuman mengaktifkan ingatan di hipokampus, sehingga membuatnya lebih mudah untuk menyimpan info baru. Tak usah terlalu banyak, taruh secukupnya di kamar Anda.

Selain lima kiat untuk meningkatkan kecerdasaan saat tidur seperti di atas, kombinasikan juga dengan nutrisi dari makanan bergizi seimbang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News