Selasa, 23 Juli 2019 – 10:30 WIB

Ingin Wajah Bebas Jerawat? Hindari 5 Makanan ini

Sabtu, 13 Juli 2019 – 04:09 WIB
Ingin Wajah Bebas Jerawat? Hindari 5 Makanan ini - JPNN.COM

jpnn.com - Masalah kulit yang berjerawat sering ditemukan di sekitar wajah, dada, atau punggung. Jerawat memiliki tingkat keparahan yang beragam, mulai dari yang ringan seperti komedo hingga benjolan yang bersifat kistik dan berisi cairan nanah. Nah, jika Anda ingin kulit yang bebas jerawat, ada triknya.

Penyebab tersering jerawat sendiri adalah produksi minyak yang berlebihan, sehingga menyebabkan sebagian besar pori-pori tersumbat. Ditambah lagi, tingkat kebersihan wajah yang kurang serta ketidakstabilan hormonal cenderung menjadi faktor pencetus terjadinya jerawat.

Namun, penyebab jerawat tidak hanya dipicu oleh hal itu saja. Faktanya, makanan yang Anda santap setiap harinya juga berisiko memicu jerawat.

Berikut ini adalah beberapa contoh jenis makanan pemicu jerawat:

1. Biji-bijian olahan dan menu tinggi karbohidrat  atau gula
Menurut sebuah penelitian, orang yang sering mengonsumsi gula tambahan berisiko 30 persen lebih besar terkena jerawat. Sementara, mereka yang secara teratur makan kue ataupun makanan manis lainnya memiliki risiko 20 persen lebih besar.

Peningkatan risiko ini disebabkan oleh efek karbohidrat olahan terhadap kadar gula darah dan insulin. Karbohidrat olahan diserap dengan cepat ke dalam aliran darah dan juga dengan cepat meningkatkan kadar gula darah.

Ketika gula darah naik, kadar insulin juga naik untuk membantu memindahkan gula darah keluar dari aliran darah dan masuk ke dalam sel organ tubuh Anda.

Insulin yang selalu tinggi membuat hormon androgen lebih aktif dan meningkatkan faktor pertumbuhan seperti insulin 1 (IGF-1).

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar