Senin, 10 Desember 2018 – 10:10 WIB

Ini 4 Cara Alami Mengatasi Kebotakan pada Pria

Selasa, 04 Desember 2018 – 10:37 WIB
Ini 4 Cara Alami Mengatasi Kebotakan pada Pria - JPNN.COM

jpnn.com - Kebotakan merupakan salah satu masalah rambut yang sering terjadi pada pria. Rasanya setiap pria sangat berusaha terhindar dari masalah ini, karena dipercaya bisa membuat penampilan tidak oke, tapi tenang saja, ada beberapa cara ampuh dan aman yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi kebotakan.

Menurut dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, kebotakan tidak pandang bulu untuk pria. Baik masih muda atau tua bisa terkena masalah ini.

"Kebotakan yang terjadi pada pria biasanya menyerang bagian depan dan tengah kepala. Selain karena faktor genetik, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh hormon androgen yang terdapat dalam tubuh pria. Sebab hormon ini dapat menyebabkan penipisan akar rambut pada bagian depan dan tengah kepala," ujar dr. Reza.

Jika kebotakan diabaikan atau tidak mendapat penanganan yang cepat dan tepat, Anda harus siap dengan konsekuensinya. Dipercaya, kebotakan bisa membuat pria menjadi kurang percaya diri, apalagi jika mengalaminya saat usia muda.

Salah satu cara yang mungkin dilakukan untuk mengatasi kebotakan adalah dengan obat topikal. Menurut dr. Reza, ini merupakan salah satu jenis terapi yang paling aman. Obat topikal jenis tertentu dioleskan ke bagian kepala yang mengalami kebotakan. Secara perlahan, obat ini akan merangsang tumbuhnya folikel-folikel rambut baru.

Jika Anda mengalami kebotakan, konsultasikan dengan dokter agar akar penyebabnya dapat diketahui. Namun, tak ada salahnya juga menerapkan cara-acara alami berikut untuk membantu pertumbuhan rambut yang sehat, seperti dilansir Reader’s Digest dan Daily Health Alerts:

1. Minyak jojoba
Salah satu obat pencegah kerontokan rambut yang alami dan bagus adalah minyak jojoba. Minyak ini dapat melembapkan folikel rambut di kulit kelapa, sehingga membuat rambut baru Anda sehat dan kuat. Selain itu, minyak jojoba dapat membantu sel-sel rambut bereproduksi lebih cepat.

Untuk pemakaiannya, teteskan beberapa tetes minyak jojoba di tangan, pijat ke akar rambut, lalu cuci setelah 10-15 menit mengunakan sampo dan kondisioner biasa.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar