Ini 4 Sindrom Langka Yang Terjadi pada Ibu Hamil

Ini 4 Sindrom Langka Yang Terjadi pada Ibu Hamil
Ilustrasi logo seseorang hamil. Foto: Antara

jpnn.com - Saat sedang hamil, tentunya sang ibu ingin memiliki kesehatan yang optimal agar janin dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Tapi, hati-hati! Ada sindrom langka pada ibu hamil yang perlu Anda waspadai. 

Di antara berbagai sindrom langka tersebut, ada pula yang juga mengancam nyawa sang ibu. Yuk, kenali sindrom langka yang bisa terjadi pada ibu hamil agar tidak terlambat penanganannya.

1. Mirror syndrome

Mirror syndrome cukup dikenali masyarakat karena merenggut janin kembar artis Irish Bela. Sindrom ini dikenal juga sebagai triple edema karena menyebabkan bengkak akibat penumpukan cairan pada tubuh baik bagi dua janin yang kembar dan juga bagi ibu. 

Gejala dari mirror syndrome yaitu bengkak yang parah, tekanan darah tinggi pada ibu, kenaikan berat badan yang signifikan dalam waktu yang cepat dan adanya protein pada urine. Penyebab pasti dari mirror syndrome masih tidak diketahui karena penyakit ini sangat jarang. 

Mirror syndrome berhubungan dengan kondisi fetal hydrops. Ini adalah pembengkakan pada janin akibat janin tidak dapat meregulasi cairan tubuh sehingga cairan menumpuk pada janin. 

Penumpukan dapat terjadi pada bawah kulit, perut, paru-paru atau jantung. Berbagai kondisi yang dapat menyebabkan fetal hydrops seperti gangguan jantung, kelainan metabolik, anemia, infeksi dan kelainan genetik. 

2. Hiperemesis gravidarum

Penting untuk mengontrol kehamilan secara rutin agar gejala sindrom bisa dikenali sejak awal oleh dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News