Ini 5 Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Ini 5 Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur
Air putih. Foto: Pixabay

jpnn.com - Secara umum, air berperan dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Salah satunya air dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh manusia.

Karena itu, biasakanlah konsumsi air sesuai yang dibutuhkan tubuh, termasuk dengan minum air putih setelah bangun tidur.

Begitu pentingnya fungsi air putih bagi kelancaran berbagai sistem di dalam tubuh untuk menjalankan fungsinya. Kurang lebih 70 persen bagian dari tubuh mengandung air.

Ketika kebutuhan air di dalam tubuh tidak tercukupi, maka timbul masalah kesehatan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Pria dewasa membutuhkan minimal 2,5-2,6 liter atau sekitar 8 gelas air putih setiap harinya. Sedangkan wanita dewasa membutuhkan minimal 2,3 liter atau sekitar 7 gelas setiap harinya. Tetapi, aktivitas yang dilakukan seseorang juga dapat memengaruhi kebutuhan cairan di dalam tubuhnya.

Minum air putih memang dianjurkan karena memberi serangkaian manfaat bagi kesehatan, salah satunya minum air putih setelah bangun tidur. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan bila memiliki kebiasaan minum air putih setelah bangun tidur.

1. Meningkatkan kecepatan metabolisme.

Minum air putih dalam keadaan perut kosong akan meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh kurang lebih 24 persen. Metabolisme yang meningkat juga bisa meningkatkan kecepatan kerja sistem pencernaan, sehingga proses pencernaan bisa berjalan lebih lancar.

Biasakanlah konsumsi air sesuai yang dibutuhkan tubuh, termasuk dengan minum air putih setelah bangun tidur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News