JPNN.com

Ini 8 Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan

Selasa, 17 Desember 2019 – 04:17 WIB Ini 8 Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan - JPNN.com
Daun bawang. Foto Shutterstock

jpnn.com - Banyak orang tidak ‘melirik’ daun bawang sebagai makanan yang perlu dikonsumsi. Sebagian besar orang hanya mengetahui bahwa daun bawang dipakai sebagai penambah rasa dan aroma bubur ayam, atau sebagai tambahan saat membuat telur dadar. Nyatanya, manfaat daun bawang begitu luar biasa.

Ya, jenis tanaman dengan nama latin Allium fistulosum ini memang bukan tipe makanan utama yang disukai banyak orang. Bahkan, saat dicampur dalam bubur pun terkadang tak sedikit yang meminta kepada penjualnya untuk menyingkirkannya.

Daun bawang masih masuk dalam "keluarga" jenis bawang-bawangan lainnya, seperti bawang merah, putih, dan bombay. Jika jenis yang lain banyak diketahui manfaatnya, manfaat daun bawang memang belum banyak dikenali.

Manfaat daun bawang

Meski kerap disepelekan, jenis tanaman yang memiliki akar putih dan daun berwarna hijau ini cukup banyak manfaatnya. Berikut deretan manfaat daun bawang yang perlu Anda ketahui:

1. Punya Serat yang Banyak

Secangkir daun bawang potong memiliki sekitar 10% serat yang Anda butuhkan sepanjang hari. Seperti diungkapkan oleh dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, serat akan membantu pencernaan lebih sehat, berat badan tetap stabil, dan menurunkan kolesterol.

Terkait membantu pencernaan, dr. Karin menjelaskan bahwa konsumsi serat yang cukup setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan Anda. Serat juga bisa mencegah terjadinya konstipasi alias sembelit.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...