JPNN.com

Seberapa Efektif Wortel untuk Kesehatan Mata?

Jumat, 27 September 2019 – 23:56 WIB Seberapa Efektif Wortel untuk Kesehatan Mata? - JPNN.com

jpnn.com - Sejak lama, wortel sudah tersohor sebagai sayuran bernutrisi yang baik untuk mata. Ya, kandungan vitamin A dalam wortel yang tinggi memang ampuh untuk kesehatan mata. Tak jarang juga Anda dengar, orang tua menyuruh anak untuk makan banyak wortel agar matanya tetap sehat. Namun, seberapa efektifkah manfaat wortel untuk mata Anda?

Wortel untuk mata Anda
Wortel atau dalam bahasa Latin disebut Daucus Carota L adalah sayuran umbi yang dikonsumsi hampir di seluruh dunia. Sejak lama, sayuran berwarna oranye ini diyakini dapat meningkatkan kesehatan mata dan penglihatan terutama di malam hari.

Hal ini pun dibenarkan oleh dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter. “Memang wortel itu banyak mengandung vitamin A. Seperti Anda tahu, vitamin A itu penting untuk kesehatan mata. Jadi bisa membantu sel retina untuk melihat lebih jelas, baik siang maupun malam hari,” dia menjelaskan. 

Dikutip dari laman Healthline, selain kaya vitamin A, wortel juga memiliki kandungan beta karoten (antioksidan) yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan mata dan mencegah kerusakan indera penglihatan akibat radikal bebas.

Radikal bebas adalah senyawa yang dapat menyebabkan kerusakan sel, penuaan dini, dan penyakit kronis - termasuk penyakit mata - ketika jumlahnya menjadi terlalu tinggi.

Vitamin A dan beta karoten diperlukan untuk membentuk rhodopsin, pigmen kemerahan ungu pada sel-sel mata. Pigmen ini berfungsi membantu Anda melihat di malam hari. 

Nutrisi dalam wortel 
Selain mengandung vitamin A dan beta karoten yang tinggi, wortel juga memiliki kandungan lainnya yang baik dan sehat untuk tubuh. Apa saja? 

Karotenoid
Karotenoid yang berasal dari wortel, merupakan cikal bakal vitamin A. Di dalam tubuh, karotenoid akan mengalami metabolisme oleh hati untuk membentuk zat warna di retina mata. Zat ini berperan besar untuk penglihatan dalam kondisi gelap.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...