Ini Alasan Anies Baswedan Sponsori Ratna Sarumpaet ke Chili

Ini Alasan Anies Baswedan Sponsori Ratna Sarumpaet ke Chili
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri HUT Ke-73 angkatan bersenjata RI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (5/10). Foto: Fathan Sinaga

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku mensponsori perjalanan Ratna Sarumpaet untuk menghadiri acara The 11th Women Playrights International Conference 2018 di Santiago, Chili.

Anies beralasan, sponsor itu diberikan mengingat Ratna merupakan seniman senior yang kerap mengenalkan karya Indonesia di kancah internasional.

"Pemprov DKI selama ini selalu memberikan dukungan kepada seniman-seniman anak muda (atau) generasi tua yang berkarya di bidang seni mendapatkan panggung internasional," kata Anies di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (5/10).

Anies mengatakan, Ratna awalnya mengirimkan proposal kunjungan itu pada awal 2018. Kemudian, Anies memprosesnya pada Februari 2018.

"Kami memberikan fasilitas dukungan itu karena yang bersangkutan pada waktu itu juga pernah jadi ketua dewan kesenian di DKI Jakarta. Jadi ini proses biasa normal yang terjadi pada banyak seniman banyak pekerja-pekerja seni di DKI," kata Anies.

Anies menyadari, hal yang menjadi polemik karena adanya pencekalan Ratna oleh pihak kepolisian. Namun, Anies menekankan bantuan kepada seniman sudah banyak di DKI dan hal itu sebagai bagian yang lumrah.

"Ratusan orang kami (berangkatkan) yang biasa saja bagi kami. Beberapa bulan lalu mengirimkan anak-anak Indonesia ikut pelatihan teater di Broadway, dibiayai siapa? Pemprov. Teater anak-anak berangkat ke Kazakhtan, kalau tidak salah dibiayai jadi banyak kegiatan seniman yang kami dukung," pungkas Anies. (tan/jpnn)

 


Anies Baswedan beralasan, sponsor itu diberikan mengingat Ratna merupakan seniman senior yang kerap mengenalkan karya Indonesia di kancah internasional.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News