Ini Alasan Bu Rini Copot Dirut-Wadirut Pertamina

Ini Alasan Bu Rini Copot Dirut-Wadirut Pertamina
Mantan dirut Pertamina Dwi Soetjipto. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi memberhentikan Dwi Soetjipto dan Ahmad Bambang, sebagai direktur utama dan wakil direktur utama Pertamina.

Menteri BUMN Rini Soemarno akhirnya blakblakan bicara mengenai alasan mencopot keduanya saat dicegat wartawan di kompleks Istana Negara, Jumat (3/2).

Dia menjelaskan bahwa keputusan itu diambil berdasarkan usulan tertulis dewan komisaris Pertamina, setelah mereka melakukan interview pada jajaran direksi. Intinya, permasalahan kepemimpinan di Pertamina harus diselesaikan.

"Dan memang persoalannya dirut dan wadirut ini menjadi hal yang bermasalah dan mereka merekomendasikan untuk diberhentikan," kata Rini.

Hal itu kata Rini juga telah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo, dan disetujui untuk segera dilakukan pergantian.

Hari ini, keputusan itu telah dieksekusi. Termasuk adanya kebijakan mengubah nomenklatur jabatan direksi PT Pertamina dengan menghapus posisi wadirut.

Saat ditanya lebih jauh alasan mendasar dari keputusan pencopotan keduanya, Rini mengatakan, kehadiran posisi wadirut kurang maksimal dalam kepemimpinan di Pertamina.

Walaupun, posisi itu awalnya juga diusulkan oleh dewan komisaris.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi memberhentikan Dwi Soetjipto dan Ahmad Bambang, sebagai direktur utama dan wakil direktur utama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News