Ini Alasan Ganjar Pranowo Ingin Naikkan Gaji Guru

Ini Alasan Ganjar Pranowo Ingin Naikkan Gaji Guru
Calon Presiden 2024, Ganjar Pranowo. Foto: Instagram/Ganjar Pranowo

jpnn.com, JAKARTA - Calon Presiden (Capres) 2024, Ganjar Pranowo ternyata punya perhatian khusus terhadap gaji guru dan pengajar.

Dalam beberapa kesempatan, dia menyampaikan tekad untuk meningkatkan kesejahteraan guru dan tenaga pendidik di Indonesia.

Salah satunya ketika Ganjar Pranowo menjadi pembicara dalam acara diskusi yang digelar Keluarga Alumni Perguruaan Tinggi di Djakarta Theater, Minggu (17/9).

Dia menyinggung masih banyaknya guru yang hidupnya di bawah garis kemiskinan, bahkan di banyak daerah, guru mendapat gaji yang sangat kecil.

"Maka saya tanya, jika ada 10 lulusan terbaik perguruan tinggi, adakah di antara mereka yang mau jadi guru atau dosen? Saya kira hanya sedikit sekali," kata Ganjar Pranowo.

Pria berusia 54 tahun itu menilai alasan di atas sudah bisa ditebak, yakni penghasilan.

Menurutnya, para alumni terbaik itu lebih memilih bekerja di instansi atau perusahaan bergengsi demi gaji tinggi, daripada menjadi guru atau dosen.

"Inilah problem yang harus kita selesaikan. Bagaimana bisa kita membawa Indonesia menjadi negara maju, jika guru sebagai orang yang sangat berpengaruh tidak kita perhatikan kesejahteraannya," jelas Ganjar Pranowo.

Capres 2024, Ganjar Pranowo ternyata punya perhatian khusus terhadap gaji guru dan pengajar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News