Ini Alasan Mengapa Tidur Perlu Menggunakan Bantal

Ini Alasan Mengapa Tidur Perlu Menggunakan Bantal
Tidur berkualitas. Foto: Pixabay

jpnn.com - Manusia telah menggunakan bantal sejak ribuan tahun yang lalu. Bahkan, para peneliti bisa melacak bantal lebih dari tujuh milenium, yakni di masa Mesopotamia kuno (Irak modern dan daerah sekitarnya), di mana orang menggunakan balok batu untuk menopang kepala mereka.

Orang-orang Mesir kuno konon menggunakan balok-balok batu, sementara orang-orang di Tiongkok kuno meletakkan kepala mereka di atas lempengan porselen atau keramik.

Tentu saja, bantal kuno mungkin tidak terdengar seperti suatu kemewahan bagi kita yang terbiasa dengan bantal bulu. Tetapi bantal itu menunjukkan pola historis manusia yang mencari sesuatu untuk mengangkat kepala mereka selama waktu istirahat.

Tulang belakang manusia melengkung secara alami dan bantal sangat penting untuk menjaga keselarasan tulang belakang. Tentu saja, tulang belakang semua orang berbeda, tetapi, untuk sebagian besar, penyelarasan tulang belakang yang tepat berarti bisa menarik garis lurus dari telinga ke pergelangan kaki sambil berdiri. Posisi tidur Anda harus meniru itu.

"Sementara kasur memainkan peran besar dalam menjaga tulang belakang bagian bawah Anda sejajar dengan benar, bantal adalah kunci untuk menjaga leher Anda dalam posisi yang tepat," kata pelatih ilmu tidur bersertifikat Bill Fish, seperti dilansir laman MSN, Senin (18/3).

Jika tulang belakang Anda tidak sejajar dengan bagian tubuh Anda yang lain, maka hal itu bisa menyebabkan masalah dari ujung ke ujung, Otot, persendian, dan ligamen Anda akan mengalami ketegangan berlebihan.

Semua ketegangan itu bisa bertambah, menyebabkan cedera serius, seperti tendon yang pecah. Jika Anda tidur teratur dengan tulang belakang yang tidak selaras, Anda akan melemahkan cakram di punggung Anda, suatu kondisi yang bisa dengan cepat menjadi kronis, atau lebih buruk, tidak bisa dipulihkan. Menggunakan bantal bisa mencegah hal itu.

Namun, jika Anda menggunakan bantal secara tidak benar, mungkin menyebabkan masalah daripada menyelesaikannya.

Tulang belakang manusia melengkung secara alami dan bantal sangat penting untuk menjaga keselarasan tulang belakang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News