Sabtu, 23 Maret 2019 – 09:56 WIB

Ini 8 Kebiasaan Buruk bagi Kesehatan yang Harus Anda Hindari

Minggu, 17 Maret 2019 – 04:21 WIB
Ini 8 Kebiasaan Buruk bagi Kesehatan yang Harus Anda Hindari - JPNN.COM

Permen karet. Foto: care2.com

jpnn.com - Saat bicara soal kesehatan, umumnya Anda akan langsung tertuju pada pola makan dan olahraga. Padahal, meski dua hal itu krusial, Anda juga mesti menghentikan segala kebiasaan buruk yang kerap kali dilakukan, baik secara sadar maupun tidak.

Pasalnya, bila kebiasaan yang buruk bagi kesehatan tetap dilakukan, diet sehat dan olahraga juga tidak akan memberikan manfaat yang maksimal.

Dilansir Reader’s Digest dan sumber lainnya, inilah delapan kebiasaan buruk bagi kesehatan yang harus segera Anda hentikan.

1. Sering menahan pipis

Menahan pipis terlalu lama adalah hal yang sangat buruk bagi kesehatan. Grant Fowler, MD, Ketua Kedokteran Keluarga dan Komunitas di McGovern Medical School, University of Texas Health Science, mengatakan, “Menahan pipis akan membuat aliran urine stagnan dan memberi kesempatan bakteri untuk tumbuh di kandung kemih, lalu bakteri itu akan pindah ke ginjal Anda.”

Alhasil, risiko untuk terkena penyakit seperti infeksi kandung kemih dan sakit ginjal makin tinggi.

2. Terlalu lama mengunyah permen karet

Mengunyah permen terlalu lama dan setiap saat bisa menekan rahang. Mengunyah berlebih itu akan menimbulkan cedera sendi dan nyeri setelahnya. Tak cuma itu, terlalu lama mengunyah permen karet juga membuat Anda menelan udara terlalu banyak dan menyebabkan sensasi kembung.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar