Ini Avani Chaturvedi, Pilot Cantik Penakluk Bison Supersonik

Ini Avani Chaturvedi, Pilot Cantik Penakluk Bison Supersonik
Pilot cantik Avani Chaturvedi. Foto: India Air Force

jpnn.com, NEW DELHI - Avani Chaturvedi menorehkan sejarah saat terbang di atas langit Gujarat, Senin (19/2). Dia menjadi perempuan India pertama yang menerbangkan jet tempur ”sendirian”.

Instrukturnya ikut dalam penerbangan tersebut, tapi duduk di belakang dan hanya memastikan penerbangan perdana itu baik-baik saja.

Perempuan 24 tahun itu terbang dari Pangkalan Udara Jamnagar, Gujarat, selama 30 menit. Pesawat yang diterbangkannya adalah Mig-21 Bison. Itu adalah pesawat tempur tertua yang dimiliki India.

Pesawat supersonik buatan Rusia tersebut terkenal cukup sulit diterbangkan. Karena itu, keberhasilan Chaturvedi tersebut menunjukkan bahwa dia merupakan pilot yang andal. Kesuksesan Chaturvedi itu baru diungkap ke media Kamis (22/2).

Militer India saat ini mulai membuka diri terhadap kaum hawa. Dulu dari keseluruhan pasukan bersenjata, hanya 2,5 persen yang perempuan. (sha/c10/dos)


Avani Chaturvedi menorehkan sejarah saat terbang di atas langit Gujarat, Senin (19/2). Dia menjadi perempuan India pertama yang menerbangkan jet tempur sendiri


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News