JPNN.com

Ini Bahayanya Jika Gunakan Kawat Gigi Bukan Pada Ahlinya

Jumat, 25 Maret 2016 – 07:25 WIB
Ini Bahayanya Jika Gunakan Kawat Gigi Bukan Pada Ahlinya - JPNN.com
Ilustrasi. Foto : Kendaripos

Kawat gigi atau yang lazim disebut behel atau bracket makin jadi tren. Sebab, selain bentuk kawat yang lebih variatif, juga bisa berhias mainan kecil aneka bentuk dan warna. Sehingga tidak heran, banyak orang yang secara fungsi tidak memerlukan juga ikut-ikutan menggunakan benda yang satu itu.

Bahkan, demi bisa tampil fashionable, mereka rela memasang kawat gigi di tempat yang tidak semestinya. Itu disebabkan iming-iming harga yang lebih murah. Padahal, pemasangan kawat gigi seharusnya hanya dilakukan oleh dokter gigi spesialis ortodonti.

Namun, pada kenyataannya, karena tergiur dengan maraknya pemasangan kawat gigi, terutama oleh ABG, banyak juga dokter gigi yang mengambil spesialis lain atau bahkan dokter gigi umum yang juga membuka praktik tersebut.

Bisa ditebak, hasilnya tidak maksimal. Alih-alih membuat cantik, struktur wajah bisa menjadi tidak simetris di bagian mulut dan terlihat lebih tua beberapa tahun karena pemasangan yang salah dan tidak sesuai.

”Tidak sedikit pasien yang datang ke saya ketika kondisinya sudah memprihatinkan karena mereka salah pasang kawat gigi,” kata drg Iin Nurwasis SpOrt.

”Pemasangan kawat gigi yang dilakukan oleh orang yang tidak kompeten dan mengakibatkan sesuatu yang membahayakan bisa dikategorikan sebagai malpraktik,” lanjutnya.

Menurut Iin, seseorang dikatakan membutuhkan kawat gigi jika merasa susunan giginya tidak teratur. Seperti tongos, gigitan terbalik atau nyakil, gigitan terbuka atau ada rongga di bagian depan ketika gigi atas dan bawah dikatupkan, gigi berdesakan, atau ketika bentuk wajah dan gigi tidak simetris.

Diharapkan, pemasangan kawat gigi tersebut bisa membuat susunan yang tidak teratur tadi menjadi lebih baik. Yang tentunya akan berimbas ke banyak hal, seperti kesehatan rongga mulut, fungsi kunyah yang lebih baik, estetika wajah, hingga fungsi bicara.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
panji