Ini Bahayanya Ngemil di Malam Hari

Ini Bahayanya Ngemil di Malam Hari
Makan malam hari. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Kita sering mendengar bahwa ngemil larut malam mungkin bukan kebiasaan ideal.

Penelitian telah mengungkapkan bahwa jam internal tubuh mengatur kalori sangat berbeda di siang hari dan di malam hari.

Yang lebih buruk lagi adalah bahwa sebuah studi baru-baru ini mengklaim konsekuensi yang lebih mengkhawatirkan dari kebiasaan ngemil larut malam Anda, yakni lebih dari sekedar penambahan berat badan.

Temuan yang dipublikasikan di Experimental Physiology menunjukkan bahwa ngemil pada malam hari bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes yang lebih tinggi.

Penyakit ini terkait dengan gaya hidup di mana manusia mengabaikan sinyal jam biologis, dan makan di siang dan malam hari.

"Fakta bahwa Anda bisa mengabaikan jam biologis Anda akan membahayakan kesehatan Anda dalam jangka panjang terutama saat Anda makan di saat Anda seharusnya tidur," kata peneliti Ruud Buijs, seperti dilansir laman India Times.

Studi ini menunjukkan mengapa gaya hidup seperti itu tidak selaras dengan siklus 24 jam kita yang bisa menyebabkan tingkat lemak darah tinggi.

Dengan demikian berisiko tinggi mengalami masalah jantung.(fny/jpnn)


Temuan yang dipublikasikan di Experimental Physiology menunjukkan bahwa ngemil pada malam hari bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News