JPNN.com

Ini Beberapa Penyebab Terjadinya Penuaan Dini

Senin, 19 Oktober 2020 – 05:55 WIB
Ini Beberapa Penyebab Terjadinya Penuaan Dini - JPNN.com
Ilustrasi cegah penuaan dini dan tetap awet muda. Foto: Pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Tanda-tanda penuaan dini, seperti munculnya kerutan pada kulit, bintik hitam, hilangnya elastisitas pada kulit, rambut rontok, dan lain-lain.

Semua gejala ini bisa bisa dilihat sedari umur 20an tahun. Utamanya, hal ini bisa disebabkan oleh hilangnya kolagen pada tubuh kita.

Tak hanya itu, kehilangan kolagen juga bisa memengaruhi kekuatan tulang, persendian, dan lainnya.

Pada umumnya, level kolagen pada tubuh berkurang 1,5% setiap tahunnya dimulai pada umur 25 tahun. Faktor seperti pola makan, merokok, mengonsumsi alkohol, dan paparan sinar matahari juga memengaruhi berkurangnya kolagen.

Hal ini tentu bisa dicegah dengan memberikan perawatan ekstra kepada tubuh seiring bertambahnya usia, contohnya seperti menggunakan skincare untuk merawat kulit kita.

Namun, perawatan luar saja tidak akan cukup apabila yang ada dalam tubuh kita tidak dirawat. Terlebih, dengan bertambahnya usia, produksi kolagen alami tubuh akan berkurang tetapi kebutuhan kolagen semakin meningkat agar tubuh tetap bisa menjaga elastisitas kulit, metabolisme, dan kesehatan sendi.

Salah satu cara untuk melakukan perawatan dari dalam adalah dengan mengonsumsi suplemen kolagen untuk menjaga dan meningkatkan jumlah kolagen pada tubuh.

“Dalam sebuah jurnal oleh Gabriel Aguirre-Cruz dalam International Peer Reviewed Open Access Journal Antioxidants MDPI dikatakan, kolagen yang dikonsumsi secara oral akan memperbaiki skin properties, seperti elastisitas dan kelembapan kulit. Kolagen juga dikategorikan sebagai bahan yang aman digunakan untuk kulit,” tutur Ahmad Dzaky Hanif selaku Direktur Roove.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
natalia