Ini Bentuk Sinergi Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Timur II dan Makorem 081 Dhirotsaha Jaya

Ini Bentuk Sinergi Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Timur II dan Makorem 081 Dhirotsaha Jaya
Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai (Kanwil) Jatim II, Oentarto Wibowo, mengunjungi Markas Komando Resor Militer (Korem) 081/Dhirotsaha Jaya Kodam V Brawijaya di Kota Madiun, Selasa (6/10). Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, MADIUN - Satu hari setelah peringatan HUT ke-75 TNI, Selasa (6/10), Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai (Kanwil) Jatim II, Oentarto Wibowo, mengunjungi Markas Komando Resor Militer (Korem) 081/Dhirotsaha Jaya Kodam V Brawijaya di Kota Madiun.

Korem 081 Dhirotsaha Jaya adalah satuan teritorial yang membawahi sembilan Kodim dan satu Yonif di wilayah Madiun Raya, Trenggalek, Nganjuk, Blitar, dan Tulungagung. Kunjungan Oentarto diterima langsung oleh Komandan Korem 081, Kolonel Inf. Waris Ari Nugroho.

Oentarto mengungkapkan kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut dari kunjungan sebelumnya ke Kodam V Brawijaya selepas penandatangananan nota kesepahaman antara Kementerian Keuangan dan TNI tentang pengamanan hak-hak negara dalam bidang perpajakan termasuk kepabeanan dan cukai yang sudah ditandatangani pada tahun 2017.

“Selanjutnya, koordinasi akan dilanjutkan oleh Kepala Kantor dengan Komandan Kodim di masing-masing daerah pengawasannya,” ujarnya yang juga menggarisbawahi bahwa sebenarnya sinergi antara Bea Cukai dan TNI sudah terjalin lama dan secara rutin telah terjalin komunikasi dan koordinasi, tetapi kunjungan saat ini dilakukan sebagai penyegaran agar makin terjalin sinergi dan kekompakan.

Pada kesempatan tersebut, Oentarto menyampaikan harapannya untuk sinergi yang lebih kuat dalam menekan peredaran rokok ilegal. Mengingat pada tahun 2019 peredaran rokok ilegal telah berhasil diturunkan hingga tiga persen berdasarkan survei independen.

“Tahun ini kami ditarget oleh Menteri Keuangan agar peredaran rokok ilegal berada di bawah 1 persen,” paparnya.

Ia pun menambahkan bahwa Bea Cukai siap membantu TNI dalam meningkatkan kinerja dan profesionalisme, termasuk dalam penguatan pengamanan perbatasan, baik dalam hal sosialisasi mengenai aturan terkait pelintas batas maupun hal lainnya.

Mendengar hal tersebut, Komandan Korem 081 Dhirotsaha Jaya mengungkapkan “Kami membuka lebar (kerja sama) di dalam pelaksanaan kegiatan ke depan, sebagai abdi negara akan mendukung program-program yang akan dilaksanakan.”(jpnn)

Korem 081 Dhirotsaha Jaya adalah satuan teritorial yang membawahi sembilan Kodim dan satu Yonif di wilayah Madiun Raya, Trenggalek, Nganjuk, Blitar, dan Tulungagung.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News