Ini Cara Baru Hapus Tato, Tanpa Sakit dan Hanya sekitar Rp 50 ribu

Ini Cara Baru Hapus Tato, Tanpa Sakit dan Hanya sekitar Rp 50 ribu
Alec Falkenham di laboratorium tempan penelitiannya di Universitas Dalhousie, Kanada. Foto: canadajournal.net

jpnn.com - INI kabar baik bagi yang ingin menghilangkan tato dengan biaya murah dan tanpa rasa sakit. Selama ini, menghilangkan tato dianggap lebih sakit ketimbang saat membuatnya.

Namun, seorang peneliti di Kanada, Alec Falkenham telah mengembangkan metode baru untuk menghilangkan tato hanya dengan menggunakan krim. “Dibandingkan dengan menghilangkan tato menggunakan laser yang membakar, menakutkan, membuat melepuh, kami membuat obat yang tidak punya banyak efek samping,” katanya seperti dikutip dari The Independent.

Falkenham yang masih berusia 27 tahun kini tengah mengejar gelar  PhD di Dalhousie University, Halifax, Nova Scotia, Kanada. Metode baru menghapus tato buatannya itu memang tidak menyasar sel kulit normal sehingga bisa mengurangi peradangan.

“Nyatanya, berdasar pada proses yang kami gunakan, kami tidak melihat adanya inflamasi sama sekali dan ini benar-benar anti-inflamasi,” tuturnya.

Saat proses membuat tato, tinta disuntikkan ke kulit. Ini menyebabkan respon kekebalan dan sel yang disebut macrophages pindah area untuk menyerap tinta sehingga membekas menjadi tatto.

Sedangkan krim buatan Falkenham ini menyasar tato dengan membuat microphages baru untuk memakan tinta tato yang membekas di kulit. Dengan krim itu maka tato perlahan-lahan akan memudar.

Cara menghilangkan tato dengan krim ini tidak hanya lebih aman dibanding metode laser, tapi juga jauh lebih murah. Falkenham memerkirakan biayanya sekitar USD 4,5 atau Rp 50 ribuan untuk setiap 10 centimeter persegi.

Manajer kesehatan dan ilmu pengetahuan di Universitas Dalhousie, Andrea McCormick memuji hasil penelitian itu. “Penelitian awalnya telah menunjukkan hasil hebat dan tahap penelitian selanjutnya akan dilakukan pada hasil-hasil itu, mengembangkan teknologi ke sebuah produk yang memungkinkan untuk pasar,” katanya.(ara/jpnn)

INI kabar baik bagi yang ingin menghilangkan tato dengan biaya murah dan tanpa rasa sakit. Selama ini, menghilangkan tato dianggap lebih sakit ketimbang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News