Ini Cara BNP2TKI agar PPTKIS Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Ciptakan Kompetisi Sehat Lewat Peringkat

Ini Cara BNP2TKI agar PPTKIS Tingkatkan Kualitas Pelayanan
Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) membuat terobosan untuk mendongkrak kualitas pelayanan Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS). Caranya adalah dengan melakukan penilaian dan pemeringkatan tentang kualitas PPTKIS.

Menurut Kepala BNP2TKI Nusron Wahid, pemeringkatan itu akan membuat PPTKIS berkompetisi secara sehat. Artinya, di antara PPTKIS akan berlomba-lomba meningkatkan kualitas layanan.

Nusron menjelaskan, 73 persen atau 365 dari 498 PPTKIS ikut dalam penilaian dan pemeringkatan versi BNP2TKI itu. Ke-365 PPTKIS itu telah memyerahkan dokumen untuk mendapatkan penilaian kinerja selama rentang waktu 2012-2014.

“Sedangkan 133 PPTKIS atau 27 persen tidak mengikuti penilaian,” dalam acara pengumuman hasil penilaian PPTKIS di kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Kamis (3/9).

Pemeringkatan terhadap PTKIS itu merupakan yang pertama kalinya sejak BNP2TKI terbentuk. Karenanya, BNP2TKI menggandeng Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LDFE-UI) dan Asosiasi Pengerah Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI).

Nusron menegaskan, PPTKIS yang ikut dalam penilaian itu akan mendapat manfaat banyak. Sebab, hasil pemeringkatan itu akan disebarluaskan ke pihak-pihak yang terkait dengan TKI.

“Di antaranya disampaikan kepada Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di luar negeri. Jadi PPTKIS punya akses yang lebih mudah,” katanya.

Menurut Nusron, hasil penilaian juga akan diserahkan kepada lembaga-lembaga keuangan. Tujuannya untuk mempermudah PPTKIS mendapatkan akses pembiayaan. “PPTKIS yang bagus tentu mudah mendapatkan akses keuangan,” katanya.

JAKARTA - Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) membuat terobosan untuk mendongkrak kualitas pelayanan Pelaksana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News