Ini Cara Korut Permalukan Pejabat Koruptor

Ini Cara Korut Permalukan Pejabat Koruptor
Jang Song-Thaek (dilingkari) yang ditayangkan di televisi lantaran tersangkut kasus korupsi dan dicopot dari jabatannya. FOTO: getty images

jpnn.com - SEOUL - Stasiun TV pemerintah Korea Utara menayangkan gambar salah seorang pemimpin berpengaruh, Jang Song-Thaek, yang merupakan paman dari pemimpin Kim Jong-un, ketika dicopot dari jabatannya. Langkah mempermalukan pejabat yang dipecat di depan umum baru kali ini terjadi di Korea Utara.

Jang Song-Thaek, menikahi kakak Kim Jong-il, mantan pemimpin Korut yang meninggal 2011 lalu. Pengamat menilai Jang memiliki pengaruh politik yang kuat di belakang layar. 

Kantor berita resmi Korea Utara menyebutkan Jang dicopot dari jabatannya karena tindakan kriminal, termasuk korupsi, main perempuan, dan salah kelola dalam perekonomian.

Menurut BBC (9/12), aksi pencopotan secara terbuka ini merupakan hasil dari perjuangan kekuasaan antar faksi di rezim komunis Pyongyang. Selain Jang, dua pembantu dekatnya dilaporkan sudah dieksekusi karena korupsi pada akhir November lalu.

Jang sendiri memegang jabatan kunci di Partai Komunis serta Komisi Pertahanan Nasional dan pengaruhnya semakin meningkat setelah Kim Jong-un berkuasa. (esy/jpnn)

SEOUL - Stasiun TV pemerintah Korea Utara menayangkan gambar salah seorang pemimpin berpengaruh, Jang Song-Thaek, yang merupakan paman dari pemimpin


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News