Ini Cara Lolos Tahapan Tes CPNS

Ini Cara Lolos Tahapan Tes CPNS
Peserta Tes CPNS Kemenkumham rela berpanasan menunggu giliran pemeriksaan berkas dan tinggi badan untuk SLTA, Selasa(12/09) di GOR Kotabaru. FOTO: M RIDWAN/JAMBI EKSPRES/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Umum Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Eddy Syah Putra memberikan tips bagi para pelamar CPNS.

Untuk bisa lolos seleksi kompetensi dasar (SKD) computer assisted test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN), pelamar harus menyiapkan diri sebaik mungkin.

Ada tiga kelompok soal yang dites yaitu Karakteristik Pribadi, Intelegensia Umum dan Wawasan Kebangsaan harus lolos passing grade.

Bila hanya dua kelompok yang tinggi, dan satunya rendah, peserta tes dianggap gagal.

"Jadi tiga kelompok ini harus lolos, nggak boleh cuma dua yang tinggi. Kalaupun nilai akhir tinggi tapi ada satu kelompok soal yang rendah, peserta dianggap tidak lolos passing grade," terang Eddy di Jakarta, Selasa (19/9).

Dari pengalaman SKD tahun 2014 dan hasil SKD di Kementerian Hukum dan HAM, Eddy mengingatkan agar para pelamar benar-benar mempersiapkan diri dengan baik.

Ada tiga kelompok soal yang harus dikerjakan dalam SKD, yakni Karakteristik Pribadi, Intelegensia Umum dan Wawasan Kebangsaan.

Dari ketiga kelompok soal itu, kebanyakan peserta gagal pada tes wawasan kebangsaan, yang passing gradenya ditetapkan 75.

Tes CPNS, peserta sering gagal di tahapan-tahapan tertentu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News