Ini Cara Poltekpel Banten Tingkatkan Pemahaman Nelayan terkait Keselamatan Pelayaran

Ini Cara Poltekpel Banten Tingkatkan Pemahaman Nelayan terkait Keselamatan Pelayaran
Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Banten melaksanakan penyuluhan di Desa Surya Bahari, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (11/9). Foto: dokumentasi Poltekpel Banten

jpnn.com, TANGERANG - Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Banten mengadakan penyuluhan di Desa Surya Bahari, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (11/9) dengan melibatkan 90 orang perwakilan nelayan.

Penyuluhan dilakukan Poltekpel Banten guna meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai keselamatan pelayaran dan pencegahan pencemaran laut.

Direktur Poltekpel Banten Heru Widada yang diwakili oleh Wakil Direktur II Adnan M. A.P menyatakan sengaja mengambil tema keselamatan pelayaran dan pencegahan pencemaran laut agar para nelayan mengutamakan keselamatan selama mencari ikan.

Selain itu, Poltekpel Banten juga ingin para nelayan bisa turut serta menjaga laut dari bahaya pencemaraan lingkungan. Itu sebabnya mereka turun dengan tim dari Sustainable Development Goals (SDGs) Center serta Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) yang mereka punya.

"Poltekpel Banten berkolaborasi dalam mensukseskan program SDGs Desa melalui penyululahan pengelolaan sampah berkelanjutan di wilayah pesisir, peningkatan keselamatan, dan perawatan permesinan," ungkap Adnan.

Menurut Adnan, kegiatan di Desa Surya Bahari dilaksanakan sebagai wujud pengabdian Poltekpel Banten kepada masyarakat.

Desa Surya Bahari yang menjadi salah satu basis nelayan di Kabupaten Tangerang merupakan salah satu desa binaan Poltekpel Banten.

"Pengabdian kepada masyarakat menjadi salah satu kegiatan yang harus diadakan oleh lembaga atau instansi akademik selain program pendidikan dan penelitian,” tutur Adnan.

Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Banten mengadakan penyuluhan keselamatan pelayaran kepada nelayan di Desa Surya Bahari, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (11/9).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News