JPNN.com

Ini Cara Tepat Membersihkan Ponsel Anda Selama Wabah COVID-19

Senin, 30 Maret 2020 – 16:27 WIB Ini Cara Tepat Membersihkan Ponsel Anda Selama Wabah COVID-19 - JPNN.com
Membersihkan ponsel. Foto: Shutterstock

jpnn.com, JAKARTA - Ada banyak perhatian yang diberikan dalam mencegah penularan COVID-19. Mulai dari mencuci tangan, tinggal di rumah ketika kita sakit, dan membersihkan permukaan yang biasa disentuh.

Mengenai yang terakhir, bagaimanapun, ada satu jenis permukaan yang mungkin kita abaikan, yakni layar sentuh dan tas ponsel kita.

"Layar sentuh pada perangkat gadget kita adalah sumber mikroba yang sering diabaikan yang bisa dibawa ke ruang pribadi kita," kata Dr. David Westenberg, profesor ilmu biologi di Universitas Sains dan Teknologi Missouri, seperti dilansir laman Health, baru-baru ini.

Bahkan, banyak penelitianTrusted Source telah menemukan bahwa ponsel kita bisa menjadi pembawa bentuk kehidupan mikroba, termasuk bakteri, virus, dan jamur.

Sementara banyak dari ini tidak berbahaya, menurut Westenberg, ada juga organisme penyebab penyakit seperti virus SARS-CoV-2 yang bisa bertahan hidup di permukaan yang cukup lama untuk ditularkan kepada Anda atau orang lain.

Jika Anda sudah mencuci tangan, seberapa pentingkah membersihkan ponsel?

Westenberg mengatakan bahwa jika orang mencuci tangan sebelum menyentuh perangkat mereka, itu biasanya cukup untuk mencegah kita mentransfer virus melalui sentuhan.

"Namun, sesering kita menyentuh perangkat kita, mencuci tangan kita sebelum melakukan kontak baru dengan perangkat itu tidak praktis," jelas Westenberg.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
jlo