Ini Cara Wapres Mengukur Kemajuan Ekonomi

Ini Cara Wapres Mengukur Kemajuan Ekonomi
Jusuf Kalla. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka secara resmi Indonesia International Auto Show (IIMS) 2017 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (27/4). Ajang otomotif itu akan berlangsung mulai 27 April hingga 7 Mei 2017.

Wapres mengatakan, ini ketiga kalinya dia membuka IIMS. Bukan tanpa alasan Kalla bersedia membuka acara itu hingga tiga kali.

"Karena di banyak negara termasuk Indonesia, untuk mengukur detak detik atau kemajuan ekonomi. Salah satunya yang mudah ialah juga mengukur bagaimanna penjualan kendaraan, di samping rumah dan sekarang retail," kata JK.

Nah, JK menambahkan, dengan tiga ukuran itu akan diketahui apakah ekonomi berjalan bertumbuh atau tidak.

Menurut dia, tumbuhnya penjualan otomotif di IIMS itu menunjukkan bahwa ekonomi mempunyai pertumbuhan yang baik dibanding sebelumnya.

"Tentu juga memiliki efek, artinya menambah kemacetan. Kalau tidak macet kita khawatir, artinya ekonomi kita mundur," tambah JK.

Tetapi, kata dia, dengan pembangunan banyak infrastruktur nanti akan dapat mengatasi kemacetan tanpa menurangi penjualan mobil. "Masalahnya, saya pribadi saya kena, kalau kurang penjualan," kata JK lantas tertawa.

Lebih lanjut JK mengatakan, pemerintah tentu mendukung dan sangat berkeinginan Indonesia bukan hanya menjadi pasar yang besar. Tapi, juga memproduksi dan pengekspor yang besar. "Salah satunya adalah keinginan kita memperbaiki infrastruktur, sehingga Indonesia menjadi manufaktur atau pengekspor kendaraan yang bersaing dengan Thailand," katanya.(boy/jpnn)

Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka secara resmi Indonesia International Auto Show (IIMS) 2017 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News