Ini Cerita di Balik Nama Hatta Rajasa

Ini Cerita di Balik Nama Hatta Rajasa
Ini Cerita di Balik Nama Hatta Rajasa

jpnn.com - MEDAN – Jelang pemilihan presiden 2014 masyarakat Indonesia cukup akrab dengan slogan ini “Atas nama bangsa Indonesia, Prabowo-Hatta”.

Slogan yang identik dengan pasangan capres-cawapres nomor urut satu, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa tersebut diadaptasi dari teks proklamasi kemerdekaan RI yang ditandatangani proklamator Soekarno-Hatta.

Kebetulan nama Hatta Rajasa identik dengan nama Bung Hatta. Maka jadilah slogan heroik itu menjadi kian populer. Namun tak banyak yang tahu cerita di balik kesamaan nama Hatta dengan Bung Hatta.

Cawapres Hatta di  sela-sela kampanye di Medan, Langkat dan Deli Serdang, menjelaskan ihwal namanya yang identik dengan Bung Hatta. Ia mengaku pernah suatu saat menanyakan masalah itu kepada sang ibu.

“Emak mengatakan, awalnya nama saya Muhammad Hatta persis seperti nama tokoh proklamator kita," kata Hatta, Kamis (19/6).

Menurut dia, ibunya saat itu menjelaskan nama tersebut pemberian ayahnya, M. Thohir yang merupakan seorang tentara dan mengagumi perjuangan Bung Hatta.

Ketika lahir, nama Hatta dilengkapi menjadi Muhammad Hatta Rajasa. Entah kebetulan nama yang sama atau tidak, Hatta kini juga selangkah lagi mengikuti jejak Bung Hatta sebagai vice president.

Menanggapi hal tersebut Hatta mengaku dirinya tak pernah bermimpi menjadi menteri, apalagi Wakil Presiden.

MEDAN – Jelang pemilihan presiden 2014 masyarakat Indonesia cukup akrab dengan slogan ini “Atas nama bangsa Indonesia, Prabowo-Hatta”.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News