Ini Daerah Yang Terlambat Susun RAPBD 2015

Ini Daerah Yang Terlambat Susun RAPBD 2015
Ini Daerah Yang Terlambat Susun RAPBD 2015

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Jenderal Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Keuda Kemendagri), Reydonnyar Moenek, mengatakan terdapat sejumlah kabupaten/kota terlambat menyusun RAPBD. Alasannya,  sejumlah kabupaten/kota itu merupakan Daerah Otonomi Baru (DOB) dan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD yang belum terbentuk.

Daerah-daerah tersebut antara lain, Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara. Alasan keterlambatan masih baru jadi DOB, kemudian AKD baru terbentuk.

Bupati Sumenep, Jawa Timur, kata birokrat yang akrab disapa Donny ini, juga mengirimkan surat ke Kemdagri meminta dispensasi atas keterlambatan.

"Alasannya tahun transisi, sehingga harus menunggu pembentukan DPRD, pembahasan AKD yang alot, tarik dan menarik kepentingan," katanya, Rabu (7/1).

Untuk Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, keterlambatan karena pimpinan DPRD masih bersifat sementara. Karena masih menunggu pelantikan DPRD DOB kabupaten Malaka oleh KPUD, dan AKD jugga belum terbentuk. Malaka merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Belu yang disahkan dalam sidang paripurna DPR RI pada 14 Desember 2012 di gedung DPR RI.

"Nganjuk (Jawa Timur) juga mengirimkan surat permohonan penundaan sanksi. Alasannya, merupakan transisi pembentukan DPRD, persoalan pembentukan AKD, terjadi tarik menarik kepentingan di daerah," ujarnya.

Pangandaran, Jawa Barat, kata Donny, alasan keterlambatan karena DOB baru. AKD juga baru dibentuk 4 Desember 2014. Karena itu Bupatinya meminta penundaan batas akhir pengajuan RAPBD yang ditetapkan 31 Desember. Dan tidak diberi sanksi.

Menurut Donny, dari surat permohonan yang diajukan para kepala daerah, secara garis besar alasan keterlambatan karena ada dinamika pelaksanaan di tingkat DPRD dan kepala daerah.

JAKARTA - Direktur Jenderal Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Keuda Kemendagri), Reydonnyar Moenek, mengatakan terdapat sejumlah kabupaten/kota

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News