Ini Daftar Perbankan yang Ikut BI Fast, Transfer Antarbank Cuma Rp 2.500

Ini Daftar Perbankan yang Ikut BI Fast, Transfer Antarbank Cuma Rp 2.500
Ada 22 calon perbankan yang akan mengimplementasikan sistem transfer antarbank secara real time atau BI Fast. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan ada 22 calon perbankan yang akan mengimplementasikan sistem transfer antarbank secara real time atau BI Fast.

Menurut Perry, dengan sistem itu transfer antarbank hanya Rp 2,500 per transaksi.

"Pada tahap pertama, kami menetapkan 22 calon peserta pada Desember ini dan 22 calon peserta tahap ke-2 pada Januari," kata Perry di Jakarta, Jumat (22/10).

Perry menyebut BI akan terus mengkaji kepesertaan setiap enam minggu. Ke depan, lanjut dia, jumlah perbankan maupun nonperbankan yang bergabung dalam BI-Fast akan semakin banyak.

"Kepesertaan BI-Fast terbuka bagi bank, lembaga selain bank (LSB), dan pihak lain, sepanjang memenuhi kriteria umum dan khusus yang telah ditetapkan," ujar Perry.

Adapun syararat kepesertaan BI-Fast harus memenuhi antara lain aspek kelembagaan, kinerja keuangan, dan kapabilitas sistem informasi.

Calon Peserta yang akan on boarding harus memenuhi kriteria champion in readiness, antara lain mencakup aspek people, process, dan technology.

"Peserta juga harus memenuhi kriteria 3C yaitu contribution terhadap EKD, capability atau kemampuan permodalan dan likuiditas, serta collaboration atau dukungan terhadap kebijakan BI ke depan," jelasnya.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan ada 22 calon perbankan yang akan mengimplementasikan sistem transfer antarbank secara real time atau BI Fast.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News