Ini Dia Manfaat Meditasi dan Yoga

Ini Dia Manfaat Meditasi dan Yoga
ILUSTRASI. FOTO: Health

jpnn.com - Pilih sehat atau sakit. Meditasi dan yoga bisa membantu Anda mendapatkan relaksasi dan kesehatan yang lebih baik.

Penelitian yang dilakukan di Benson-Henry Institute for Mind Body Medicine melatih 4.400 pasien teknik relaksasi seperti yoga dan meditasi. Sebuah kelompok kontrol dari 13.000 pasien tidak berlatih teknik relaksasi.

Peneliti menemukan setelah satu tahun, mereka yang berlatih relaksasi memiliki penurunan kunjungan mereka ke dokter sebesar 42 persen, penurunan tes laboratorium sebesar 44 persen dan prosedur sebesar 21 persen. Pelayanan kesehatan digunakan oleh kelompok kedua tetap sama.

Juga, kunjungan ke unit gawat darurat turun menjadi sekitar 1,7 persen dari 3,7 setelah berlatih teknik relaksasi tahun sebelumnya.

Pasien yang mengalami penurunan paling menguntungkan adalah mereka dengan kardiovaskular, muskuloskeletal, neurologis dan masalah pencernaan.

“Bukti selama beberapa dekade terakhir telah mengaitkan praktik seperti meditasi dan yoga untuk perubahan fisiologis yang bermanfaat dalam tubuh mulai dari fungsi jantung yang lebih baik hingga pengurangan peradangan," kata peneliti Dr. James Stah, seperti dilansir laman Care2, Kamis (5/1).

Meditasi atau Yoga?

Meskipun meditasi dan yoga mungkin sangat berbeda, mereka memiliki satu tujuan yang sama dan penting yakni membuat tubuh dan pikiran santai pada saat yang sama.

Pilih sehat atau sakit. Meditasi dan yoga bisa membantu Anda mendapatkan relaksasi dan kesehatan yang lebih baik. Penelitian yang dilakukan di Benson-Henry

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News