Ini Dua Pahlawan Film Menurut Reza Rahadian

Ini Dua Pahlawan Film Menurut Reza Rahadian
Reza Rahadian. Foto: MNC Pictures

jpnn.com, JAKARTA - Aktor Reza Rahadian mengatakan bahwa ada dua tokoh yang layak menyandang pahlawan perfilman Indonesia. Mereka adalah Usmar Ismail dan Jamaluddin Malik.

Menurut pesohor kelahiran 5 Maret 1987, dua tokoh itu ikut berjasa dalam membangun kelahiran industri film Indonesia. 

"Mereka mempelopori berdirinya perusahaan film negara. Jadi, penting banget sebagai orang film kita juga harus mengenal sejarah perfilman Indonesia seperti apa," kata Reza Rahadian ditemui di Jakarta, baru-baru ini.

Pemain film My Stupid Bos itu juga menyebut beberapa nama lain yang diannggap turut membuat industri film Indonesia gemilang.

"Lahirnya ibu Christine Hakim, kelahiran Slamet Raharjo. Kita punya Teguh Karya dengan teater populernya, kenal dengan produksi-produksi film yang bobotnya luar biasa," kata bintang "Habibie dan Ainun" itu.

"Buat saya, mereka itu juga pahlawan perfilman. Karena film Indonesia pencapaian masa ke-emasannya pada era Wim Umboh, Teguh Karya, Arifin C Noer, dan ada beberapa tokoh lainnya. Jadi menurut saya, mereka itu  pahlawan-pahlawan perfilman Indonesia," kata Reza.

Memaknai Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November, Reza melakukan hal-hal positif seperti terlibat dalam organisasi kemanusiaan yang mengurusi soal pendidikan anak-anak demi meneruskan perjuangan para pahlawan Indonesia

"Perjuangan hari ini tentu beda ya, bukan lagi perang. Salah satunya hal-hal yang terkait kemanusiaan yang menjadi perhatian saya. Secara aktif selama empat tahun, saya memperjuangkan hal-hal anak sekolah untuk dapat ruang kelas yang layak," jelas Reza.

Reza Rahadian menyebut da dua tokoh yang layak menyandang pahlawan perfilman Indonesia, yakni Usmar Ismail dan Jamaluddin Malik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News