Ini Dugaan Fadli Zon Tentang Penyebab Banjir Bandang di Sentani

Ini Dugaan Fadli Zon Tentang Penyebab Banjir Bandang di Sentani
Sebuah pesawat di landasan terbang dikelilingi genangan air banjir bandang di Sentani. Foto: BNPB/AFP

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan, harus ada kajian serius apakah penyebab banjir bandang di Sentani, Jayapura, Papua, akibat penggundulan hutan di Gunung Cyckloop.

“Saya kira harus ada kajian yang serius kenapa terjadi banjir, apakah memang benar karena terjadi penggundulan hutan di Gunung Cyckloop,” kata Fadli Zon di gedung DPR, Jakarta, Selasa (19/3).

Fadli mengatakan jika melihat besarnya banjir itu, sudah sangat membahayakan. Banjir juga telah menyebabkan puluhan orang meninggal dunia. “Banyak pohon besar terbawa arus, saya kira itu yang banyak menimbulkan korban,” ujarnya.

BACA JUGA: Berita Terbaru Banjir Sentani: 82 Nyawa Melayang, 74 Orang Masih Hilang

Karena itu, dia berharap ada evaluasi terhadap itu supaya tidak terulang kembali, paling tidak diantisipasi.

“Seharusnya pemerintah segera menangani masalah korban-korban, terutama yang luka-luka saya kira ini yang harus diselamatkan,” katanya.

Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, Selasa (19/3), mengatakan sebanyak 89 korban meninggal dunia, dan 159 luka-luka akibat banjir di Sentani. Sebanyak 84 di antaranya luka berat, dan 75 lainnya ringan.

Menurut Sutopo, jumlah korban hilang sesuai dengan laporan dari keluarga dan masyarakat sebanyak 74 orang. Perinciannya, 34 dari Kampung Milinik, 20 dari BTN Gajah Mada, tujuh dari kompleks Perumahan Inauli, empat dari Kampung Bambar, dua dari BTN Bintang Timur, satu dari Sosial, satu dari Komba, dan tiga dari Taruna Sosial.

Fadli mengatakan jika melihat besarnya banjir itu, sudah sangat membahayakan. Banjir juga telah menyebabkan puluhan orang meninggal dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News