Ini Isu Seksi Potensial Dipakai Menyerang Jokowi – Ma’ruf

Ini Isu Seksi Potensial Dipakai Menyerang Jokowi – Ma’ruf
Jokowi menggandeng tangan Kiai Ma'ruf Amin. Foto: Instagram

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Hendri Satrio memprediksi sejumlah isu akan kembali muncul di Pilpres 2019, setelah dua pasangan bakal capres mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jumat (10/8).

Menurut Hendri, pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin kemungkinan bakal diserang isu terkait kondisi ekonomi di tanah air.

Antara lain, menyangkut nilai tukar rupiah yang melemah terhadap dollar Amerika Serikat. Daya beli masyarakat yang dinilai juga terus melemah dan sejumlah hal-hal lain.

"Saya kira kalau terkait isu, yang mengemuka itu terkait ekonomi di tanah air. Isu ini masih cukup seksi," ujar Hendri kepada JPNN, Senin (13/8).

Pengajar di Universitas Paramadina ini juga menyarankan Ma'ruf Amin segera mengundurkan diri dari posisi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Jika tidak, dikhawatirkan bakal kontra-produktif. Sebagian kalangan mungkin saja menduga MUI bakal dimanfaatkan untuk kepentingan pemenangan di Pilpres 2019.

BACA JUGA: Jika Isu Ini Digoreng, Jokowi - Ma'ruf Amin Kewalahan

"Memang sebaiknya mundur dari MUI agar netral semua. Tapi MUI ini kan tak mengikat ke ulama," pungkas founder lembaga survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) ini.(gir/jpnn)

Sejumlah isu yang terkait masalah ekonomi kemungkinan bakal dipakai untuk menyerang pasangan Jokowi – Ma;ruf Amin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News