Selasa, 17 Juli 2018 – 20:45 WIB

Ini Jenis Minyak Goreng yang Aman untuk Kolesterol Tinggi

Jumat, 13 Juli 2018 – 22:31 WIB
Ini Jenis Minyak Goreng yang Aman untuk Kolesterol Tinggi - JPNN.COM

jpnn.com - Anda memiliki kolesterol tinggi? Jangan disepelekan, ini saatnya untuk lebih memperhatikan pola makan dan yang tak kalah penting, pemilihan minyak untuk memasak.

Jika Anda senang mengonsumsi makanan yang digoreng, sebaiknya memang dihindari. Tapi bila Anda benar-benar sedang ngidam, Anda tetap dapat menikmati makanan tersebut tanpa rasa bersalah dengan minyak goreng yang sehat.

Sebelum menentukan jenis minyak sehat apa yang ingin dikonsumsi, Anda harus tahu dulu jenis-jenis lemak, seperti:

Saturated fat (Lemak jenuh)

Makanan yang tinggi akan lemak jenuh telah dikaitkan dengan peningkatan kadar kolesterol jahat dalam darah. Hal ini akan menjulangkan risiko penyakit jantung karena terjadinya penyumbatan arteri oleh plak. Contoh minyak yang mengandung lemak jenuh adalah margarin, mentega, lemak babi, dan minyak kelapa sawit. Ciri fisiknya adalah padat pada suhu ruangan.

Polyunsaturated fat (Lemak tak jenuh ganda)

Nama lainnya adalah asam lemak omega-3 dan asam lemak omega-6. Lemak tak jenuh ganda ini jika dikonsumsi dalam batas aman dapat meningkatkan kolesterol baik, yang kemudian menurunkan risiko penyakit jantung. Contoh minyak tak jenuh ganda adalah minyak kanola dan minyak biji bunga matahari. Ciri fisiknya adalah cair, bahkan saat ada di lemari pendingin.

Monounsaturated fat (Lemak tak jenuh tunggal)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar