Puasa Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi?

Puasa Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi?
Pasien saat dites kolesterol. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Puasa di bulan Ramadan merupakan salah satu rukun Islam yang dilakukan oleh jutaan umat muslim di dunia.

Selama kurang lebih 13 jam tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman hingga akhirnya waktu berbuka puasa tiba.

Lewat berbagai penelitian, terbukti bahwa puasa bisa membawa kebaikan bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat puasa bagi kesehatan adalah memperbaiki profil lipid yang berkaitan dengan kolesterol tinggi di dalam tubuh.

Kolestrol merupakan suatu substansi lemak yang berguna untuk mendukung fungsi sel serta produksi hormon. Kolesterol tinggi merupakan pemicu penyakit jantung dan pembuluh darah.

Untungnya, kolesterol di dalam darah dapat dikontrol dengan cara menurunkan jumlah kolesterol jahat dan meningkatkan jumlah kolesterol baik di dalam tubuh. Beberapa penelitian mendapatkan hasil bahwa puasa dapat meningkatkan jumlah high-density lipoprotein (HDL) dan menurunkan jumlah low-density lipoprotein (LDL) di dalam darah.

Manfaat puasa untuk menurunkan kolesterol.

Ada sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 32 orang di Maroko yang sedang berpuasa, yang diterbitkan di jurnal kesehatan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya penurunan jumlah kolesterol total hingga 7,9 persen selama bulan Ramadan dibandingkan dengan nilai kolesterol total di bulan lain selain Ramadan.

Selain itu, dari penelitian ini juga didapatkan nilai kolesterol HDL meningkat sebanyak 14,3 persen pada akhir Ramadan dan nilai kolesterol LDL menurun sebanyak 2,6 persen pada hari ke-29 bulan Ramadan.

Para partisipan yang menjalani penelitian mengonsumsi lebih sedikit lemak di bulan puasa, dengan lebih memilih jenis lemak tak jenuh.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News