Ini Jurus Pemerintah agar KB Populer Lagi

Ini Jurus Pemerintah agar KB Populer Lagi
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani saat mencanangkan Kampung KB di Kabupaten Badung, Bali, Minggu (13/3). Foto: Kemenko PMK for JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani terus memastikan program Keluarga Berencana (KB) di tingkat lapangan benar-benar berjalan. Menurutnya, KB bukan hanya untuk mengendalikan laju jumlah penduduk, tetapi juga demi memastikan Indonesia bisa memanfaatkan bonus demografi.

Dalam rangka menggalakkan program KB itu pula Puan hari ini (13/3) berkunjung ke Kabupaten Badung di Bali. Tujuannya adalah meresmikan Kampung KB di Banjar Uma Anyar, Desa Penarungan Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung.

Saat menyampaikan kata sambutan pada acara itu Puan mengatakan, Kampung KB akan diselenggarakan di setiap kabupaten/kota di seluruh Indonesia. “Pembentukan Kampung KB dilaksanakan dengan melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat itu sendiri dengan bimbingan, pembinaan, dan fasilitasi dari pemerintah dan pemerintah daerah,” katanya seperti dikutip dari siaran pers Kemenko PMK.

Puan yang dalam kesempatan itu didampingi Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Surya Chandra Surapaty menjelaskan, program Kampung KB memang melibatkan berbagai pihak agar bisa berjalan baik. Karenanya ia meminta dukungan semua pihak agar program Kampung KB terus bergulir.

Puan menjelaskan, Kampung KB sekaligus memadukan program-porgram unggulan di sejumlah kementerian. Misalnya, Kementerian Kesehatan memiliki program 1000 Hari Pertama Kehidupan, sedangkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat punya program Rumah Sehat.

Selain itu ada pula program Generasi Berencana di BKKBN. Pemerintah juga punya program Gerakan Masyarakat  Sehat yang melibatkan berbagai kementerian.

Lebih lanjut Puan mengatakan, masyarakat berhak memiliki keluarga dan hidup sejahtera. Oleh karena itu pemerintah berupaya membina masyarakat melalui Kampung KB.

“Pembinaan masyarakat dalam kegiatan Kampung KB diarahkan juga pada upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa dalam berkeluarga harus merencanakan bagaimana hidup keluarga yang sejahtera, merencanakan kemandirian ekonomi keluarga, merencanakan keluarga yang berpendidikan dan merencanakan keluarga yang sehat,” bebernya.

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani terus memastikan program Keluarga Berencana (KB)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News