Ini Jurus Prabowo-Gibran Atasi Masalah Pengangguran di Kalangan Muda

Ini Jurus Prabowo-Gibran Atasi Masalah Pengangguran di Kalangan Muda
Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Pemilih Muda Fanta HQ Prabowo-Gibran, Dedek Prayudi. Foto: Instagram/uki_dedek

jpnn.com, JAKARTA - Program pasangan calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka melibatkan banyak anak muda dalam rangka memangkas jumlah pengangguran terutama pada usia produktif.

Untuk diketahui, berdasarkan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) pada Agustus 2023 jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 7,86 juta dari total angkatan kerja mencapai 147,71 juta orang.

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) per Agustus 2023 sebesar 5,32 persen turun dari 5,86 persen atau jumlah pengangguran juga turun 560 ribu orang dari Agustus 2022 lalu.

Dengan catatan TPT itu, maka dari 100 orang angkatan kerja terdapat sekitar lima orang yang tidak bekerja.

Parahnya, jumlah TPT penduduk kelompok umur muda, yakni 15-24 tahun merupakan TPT tertinggi, mencapai 19,40 persen, meskipun levelnya turun dari Agustus 2022, yakni sebesar 20,63 persen.

Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Pemilih Muda Fanta HQ Prabowo-Gibran, Dedek Prayudi mengatakan berdasarkan data dari International Labour Organization (ILO) dan Badan Pusat Statistik (BPS), menyebutkan bahwa sebagian besar orang Indonesia bekerja tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan dan pelatihan yang mereka miliki.

Kedua, lanjut Dedek, sebagian besar anak muda yang baru pertama kali mencari kerja itu membutuhkan waktu lebih dari setahun untuk mendapatkan pekerjaan pertamanya.

"Ketiga, BPS bilang penyumbang terbesar pengangguran itu adalah lulusan SMK. Jadi, setelah didalami lagi kami melihat bahwa di sini ada ketidakcocokan cetakan dunia pendidikan Indonesia dengan kebutuhan industri potensi ekonomi," kata Dedek, Jumat (8/12).

Program pasangan calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka melibatkan banyak anak muda dalam rangka memangkas jumlah pengangguran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News