Ini Kata Fadli Zon soal Larangan Pemasangan Foto Bung Karno

Ini Kata Fadli Zon soal Larangan Pemasangan Foto Bung Karno
Fadli Zon. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fadli Zon setuju dengan aturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) melarang pemasangan foto tokoh-tokoh bangsa yang bukan pengurus partai politik di alat peraga kampanye, seperti foto Bung Karno atau Pak Harto.

"Saya kira bagus-bagus saja ya," kata Fadli di gedung DPR, Jakarta, Selasa (27/2).

Fadli berpendapat, mungkin saja larangan itu dimaksudkan supaya nama-nama besar seperti Bung Karno, Soeharto, pendiri organisasi kemasyarakatan Islam jangan sampai disalahgunakan partai maupun calon-calon legislatif. "Sehingga membuat tercorengnya nama-nama (tokoh) itu," ungkap Fadli.

Karena itu, Fadli menilai aturan ini cukup baik, meskipun sebenarnya hal seperti ini tidak perlu sampai diatur KPU. "Ya kalau mau diatur juga tidak ada masalah. Artinya bukan suatu masalah yang substansial," kata dia.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu menambahkan jika aturan ini dimaksudkan memberi penghargaan mereka supaya nama besar tidak disalahgunakan itu bagus-bagus saja. "Tapi, dalam era demokrasi masa semuanya harus diatur?" katanya.

Misalnya, lanjut Fadli, isi ceramah di masjid sampai harus diatur oleh Bawaslu. Padahal, kata dia, tidak ada kewenangan Bawaslu mengatur isi ceramah di masjid.

"Bawaslu itu mengawasi pemilu jalannya dengan baik sesuai aturan, tidak ada kecurangan. Jadi bawaslu juga tidak usah mengatur-atur ceramah di masjid," pungkasnya. (boy/jpnn)


Fadli Zon menilai, jika larangan pemasangan foto Bung Karno di alat peraga kampanye agar nama besar tokoh nasional tidak disalahgunakan, itu tidak masalah.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News