Ini Kata Menlu Amerika Serikat soal HUT ke-75 Republik Indonesia

Ini Kata Menlu Amerika Serikat soal HUT ke-75 Republik Indonesia
Menlu AS Mike Pompeo memastikan negaranya tak tertarik berperang dengan Iran. Foto: Reuters

jpnn.com, WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Michael R Pompeo, memberikan ucapan selamat bagi rakyat Indonesia atas hari ulang tahun ke-75 Republik Indonesia , dan menyebutnya sebagai momen untuk mengakui langkah besar Indonesia sebagai salah satu negara demokrasi terbesar di dunia.

Dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (16/8), Pompeo menyampaikan ucapan selamat kepada rakyat Indonesia yang merayakan hari ulang tahun ke-75 kemerdekaan pada 17 Agustus, atas nama pemerintah Amerika Serikat.

“HUT ke-75 ini merupakan momen yang sangat penting dan saat untuk mengakui langkah besar yang telah diambil oleh rakyat Indonesia untuk tampil sebagai salah satu negara demokrasi terbesar di dunia dan negara anggota G20,” kata dia.

Dia pun menyebut momen hari kemerdekaan Indonesia juga merupakan kesempatan untuk merefleksikan persahabatan panjang yang telah terjalin antara kedua negara.

Pompeo mengatakan bahwa kemitraan strategis yang telah dibangun antara Indonesia dan AS tetap menjadi lebih penting dari sebelumnya.

“Kita akan terus memperkuat ikatan kedua negara berdasarkan nilai-nilai demokrasi yang kita miliki bersama, hubungan ekonomi yang mendalam, dan komitmen kita akan Indo-Pasifik yang damai dan sejahtera,” kata dia.

Di tengah pandemi global seperti saat ini, Pompeo meyakini hubungan kedua negara tetap menjadi penting.

Amerika Serikat sendiri baru-baru ini memberikan bantuan bagi pemerintah Indonesia dalam menangani wabah COVID-19, berupa 100 unit ventilator.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Michael R Pompeo, memberikan ucapan selamat bagi rakyat Indonesia atas hari ulang tahun ke-75 Republik Indonesia

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News