Ini Kenangan yang Menginspirasi Pak Ganjar Membantu Korban Bencana Alam

Ini Kenangan yang Menginspirasi Pak Ganjar Membantu Korban Bencana Alam
Gubernur Jateng melepas bantuan untuk korban bencana alam di Jatim. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dikenal aktif mengirimkan bantuan kepada daerah lain yang sedang dilanda bencana.

Tak peduli jauh maupun dekat, Ganjar kerap berkoordinasi kepada pimpinan atau jajaran terkait yang daerahnya terdampak bencara untuk menawarkan bantuan.

Ganjar pernah mengirimkan bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Palu pada 2018.

Selain itu juga mengirimkan bantuan untuk korban tsunami di Banten dan Lampung pada 2019, dan bantuan korban banjir DKI Jakarta pada 2020.

Tahun ini, Ganjar telah mengirim bantuan ke tiga lokasi berbeda. Pertama bantuan untuk korban bencana gempa di Sulawesi Barat, bantuan untuk korban bencana banjir bandang Nusa Tenggara Timur dan bantuan korban bencana gempa di Jawa Timur.

Aksi itu dilakukan Ganjar murni karena kemanusiaan. Baginya, rasa persaudaraan antaranak bangsa harus dipupuk sehingga sikap saling membantu dan tolong-menolong akan terus tumbuh.

Dia berkisah pada awal masa jabatannya dan Jateng dilanda banjir bandang, Ganjar juga mendapat pertolongan dari daerah-daerah lain di Indonesia.

"Dulu saat awal-awal saya jadi gubernur, kami pernah terjadi bencana banjir bandang. Saya dikirimi beras dari Sulawesi Selatan lho, dari Surabaya juga kirim bantuan. Itu yang menggugah rasa persaudaraan kita untuk saling membantu,” kenang Ganjar mengenang.

Gubernur Ganjar Pranowo pernah mengirimkan bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Palu pada 2018.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News