Ini Kesimpulan dari Diskusi Presiden, Menkes dan 5 Gubernur soal Cara Mengatasi Pandemi

Ini Kesimpulan dari Diskusi Presiden, Menkes dan 5 Gubernur soal Cara Mengatasi Pandemi
Menkes Budi Gunadi Sadikin. Foto: Antara Foto/Rivan Awal Lingga/aww.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyingkapkan salah satu isi diskusi Presiden Jokowi dengan lima gubernur dalam penanganan COVID-19.

"Presiden kemarin mengundang lima gubernur untuk berdiskusi mengenai pandemi COVID-19. Saya kebetulan diminta mendampingi," kata Budi Gunadi di Kantor Presiden Jakarta, Kamis (4/2).

Lima gubernur yang dimaksud ialah Anies Baswedan (DKI Jakarta), Ridwan Kamil (Jawa Barat), Ganjar Pranowo (Jawa Tengah), Sultan Hamenkubuwono X (Daerah Istimewa Yogyakarta) dan I Wayan Koster (Bali).

"Beberapa kota di tempat lima gubernur tersebut ternyata bisa mengatasi pandemi ini. Kesimpulan kami, cara untuk mengatasi pandemi ini adalah dengan mengurangi laju penularan," kata Budi.

Pengurangan laju penularan tersebut bermanfaat untuk bisa menjaga sarana kesehatan yaitu rumah sakit agar tidak terlalu terbebani dan juga untuk menyiapkan diri dengan program vaksinasi.

"Namun misi utama perang menghadapi pandemi ini adalah mengurangi laju penularan," kata Budi.

Dari hasil diskusi tersebut, Budi mengatakan banyak program yang sudah dilakukan seperti 'Jogo Tonggo' di Jawa Tengah, program Kampung Tangguh, program Desa Siaga yang dilakukan di berbagai desa, kota, kabupaten dan provinsi juga sangat erat dengan budaya asli Indonesia.

"Sangat tepat untuk menjawab bagaimana mengatasi pandemi dengan mengurangi laju penularan virus ini," tambah Budi.

Menkes Budi mengungkap salah satu isi diskusi antara Jokowi, Anies, Ridwan Kamil, Ganjar, Sultan HB dan Wayan Koster.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News