Ini Kriteria dari Anak Buah SBY untuk Calon Pengganti Archandra

Ini Kriteria dari Anak Buah SBY untuk Calon Pengganti Archandra
Sekjen Partai Demokrat (PD) Hinca Panjaitan. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri ESDM Arcandra Tahar terdepak dari posisinya di Kabinet Kerja. Penyebabnya adalah status kewarganegaraan ganda yang dikantongi ahli perminyakan asal Pariaman, Sumatra Barat itu.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat (PD) Hinca Panjaitan pun berharap Presiden Joko Widodo segera menunjuk menteri ESDM definitif. Untuk calonnya, partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memang menyodorkan kriteria tertentu.

Menurut Hinca, syarat utama calon menteri ESDM adalah berpengalaman mengelola energi dan sumber daya mineral. "Bagi Demokrat konkret saja calon pengganti Pak Archandra, yaitu berpengalaman," kata Hinca di gedung DPR, Senayan Jakarta, Selasa (16/8).

Hinca menambahkan, menteri ESDM juga harus sosok yang profesional dan mumpuni.  "Saya yakin presiden punya cara khusus untuk mendapatkannya," imbuh Hinca yang datang ke kompleks parlemen untuk mewakili SBY dalam acara Sidang Bersama DPR dan DPD RI.

Lantas siapa figur yang pas untuk menjadi menteri ESDM? Hinca menyerahkan hal itu ke Presiden Jokowi selaku pemilik hak prerogatif dalam memilih menteri.(fas/jpnn)


JAKARTA - Menteri ESDM Arcandra Tahar terdepak dari posisinya di Kabinet Kerja. Penyebabnya adalah status kewarganegaraan ganda yang dikantongi ahli


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News