JPNN.com

Ini Langkah Pertama Korut Mengakhiri Program Nuklirnya

Selasa, 13 Maret 2018 – 23:58 WIB Ini Langkah Pertama Korut Mengakhiri Program Nuklirnya - JPNN.com

jpnn.com - Pemerintah Jepang berjanji akan memberikan bantuan dana senilai 2 juta pound sterling untuk setiap inspeksi internasional terhadap fasilitas nuklir Korea Utara (Korut).

Seperti dilansir dari The Independent pada Senin (12/3), kebijakan ini dikeluarkan dalam upaya untuk mendorong Pyongyang menghentikan program nuklirnya.

Tokyo membuat keputusan itu setelah Pyongyang mengeluarkan isyarat mengurangi persenjataannya dan meminta pembicaraan langsung dengan Presiden AS Donald Trump.

Trump sepakat untuk bertemu dengan Pemimpin Korut Kim Jong Un dalam sebuah pertemuan yang diperkirakan akan berlangsung pada bulan Mei. Korut sepakat untuk menghentikan semua uji coba nuklir lebih lanjut.

Langkah pertama bagi Korut untuk mengakhiri program nuklirnya adalah mengizinkan inspektur dari Badan Energi Atom Internasional untuk menginspeksi fasilitas nuklirnya saat ini.

Jepang telah menawarkan untuk membayar 2 juta pound sterling guna mendanai pekerjaan yang diperkirakan menghabiskan biaya hingga 2,7 juta pound sterling ini seperti dilansir Japan Times, Senin, (12/3).

Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono dan Direktur Jenderal International Atomic Energy Agency (IAEA) Yukiya Amano telah sepakat di Wina bulan lalu untuk menjalin kerja sama yang lebih erat, dengan harapan dapat melanjutkan pemeriksaan fasilitas nuklir Korut tersebut.

Langkah tersebut dipandang sebagai upaya untuk tetap berada dalam rencana, setelah Korea Selatan (Korsel) mengajukan perundingan antara Trump dan Korut.

Badan IAEA terakhir melakukan penilaian terhadap fasilitas nuklir Pyongyang pada 2009, ketika pada akhirnya Pyongyang mengusir inspektur dan melanjutkan program nuklirnya. Diketahui, pada 2017 Korut sudah melakukan uji coba 23 rudal.(ina/ce1/iml/trz/JPC)

Sumber Jawapos.com

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...