Ini Lho Cita-cita PKI...

Ini Lho Cita-cita PKI...
Tan Malaka. Foto: Istimewa.

jpnn.com - APA sebetulnya yang dicita-citakan Partai Komunis Indonesia? 

-------
Wenri Wanhar - Jawa Pos National Network
-------

Di samping memutuskan membentuk faksi dalam tubuh Sarekat Islam (SI), yakni SI Merah, konferensi PKI di Semarang, 24-25 Desember 1921 memilih Tan Malaka menjadi Ketua PKI. Masa itu PKI masih bagian "orang dalam" SI.

Harry A Poeze dalam buku Di Negeri Penjajah--Orang Indonesia di Negeri Belanda 1600-1950 menulis, Tan Malaka dipilih menjadi Ketua PKI karena keberhasilannya mendiri-sebarkan SI School, kemudian menjadi Sekolah Rakyat. 

(baca: 50 Tahun Peristiwa G30S 1965, Apa Itu PKI?--bagian 7)

Suatu hari di tahun 1922, sepulang mengajar di SI School cabang Bandung, Tan Malaka ditangkap polisi kolonial. Dibuang ke Belanda.

Masih juga dianggap berbahaya, Tan Malaka kembali diincar. Dia buron. Mengembaralah ia dari satu negeri ke negeri lain. Dari satu benua ke benua lain. 

Tiba-tiba, April 1925 bukunya Naar de Repuliek Indonesia terbit di Tiongkok. Dan kembali terbit di Tokyo, Desember 1925. Dalam kata pengantar cetakan Tokyo, Tan menceritakan sedikit banyak proses penulisan dan penerbitan buku tersebut.  Dari buku ini dapat diketahui apa sebetulnya tujuan PKI.

APA sebetulnya yang dicita-citakan Partai Komunis Indonesia?  ------- Wenri Wanhar - Jawa Pos National Network ------- Di samping memutuskan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News