Ternyata...Orang-orang PKI yang Merintis Sekolah Rakyat

Ternyata...Orang-orang PKI yang Merintis Sekolah Rakyat
Murid dan guru Sekolah Rakyat Padang Panjang berpose di depan sekolah mereka pada 1925. Foto koleksi Leon Salim ini termuat di halaman 14 buku Prisoners at Kota Cane, karya Leon Salim.

jpnn.com - PKI bukan saja partai politik pertama yang menggunakan nama Indonesia. Partai ini pula yang pertama memberontak terhadap Belanda dengan tuntutan Indonesia merdeka. Dan ternyata, orang-orang PKI pula yang merintis Sekolah Rakyat (SR).

-------
Wenri Wanhar - Jawa Pos National Network   
-------

Semaoen berkenalan dengan Tan Malaka saat kongres Sarekat Islam (SI) V di Yogyakarta, 2 hingga 6 Maret (versi Semaoen 1921 dan versi Lembaga Sejarah PKI 1920. Keduanya menggunakan tanggal yang sama. Hanya beda tahun). 

"Di luar sidang seorang pemuda diperkenalkan dengan saya. Tan Malaka, ijazah guru dari perguruan tinggi Nederland. Wah, kebetulan sekali, pikirku," kenang Semaoen.  

"Bercakap-cakap sedikit, saya mendapat tahu bahwa beliau berpikir secara sosialis komunis. Untung bagi gerakan rakyat revolusioner, pikirku pula," lanjutnya.

Ketua SI cabang Semarang yang rangkap menjabat Ketua PKI itu langsung mengajak Tan Malaka ikut bersamanya.

"Besok marilah bersama ke Semarang. Bung, rakyat menunggu putranya yang intelektual. Untuk sama-sama bergerak. Guna mencapai susunan masyarakat baru, merdeka, makmur, sama rata, sama rasa," ajak Semaoen. Tan tidak menolak.

Sejurus kemudian... "Sekolah sudah jadi, Bung. Murid-murid cukup banyaknya," kata Semaoen.

PKI bukan saja partai politik pertama yang menggunakan nama Indonesia. Partai ini pula yang pertama memberontak terhadap Belanda dengan tuntutan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News