Ini Lho Koran Pertama di Indonesia

Ini Lho Koran Pertama di Indonesia
Halaman 1 Bataviase Nouvelles, edisi 12 Oktober 1744. Foto: Public Domain.

jpnn.com - KORAN apa yang pertama terbit di Indonesia? Harian Berita Indonesia. Terbit pertama kali di Jakarta, 6 September 1945--20 hari paska proklamasi. 

Bila pertanyaannya, koran apa yang pertama terbit di negeri yang hari ini bernama Indonesia? Maka, jawabannya Bataviase Nouvelles, yang terbit perdana di Batavia, 7 Agustus 1744.   

Wenri Wanhar - Jawa Pos National Network

Batavia, pertengahan abad tujuh belas…

Jan Erdman Jordens pegawai VOC yang punya bisnis kecil-kecilan. Hari itu, ia tampak asyik dengan Gubernur Jenderal Gustaaf Willem Baron van Imhoff. 

Obrolan seputar kedatangan teknologi baru ke Batavia; mesin cetak. Mulanya, mesin itu digunakan hanya untuk menggandakan laporan-laporan VOC terkait negeri jajahan. Istilahnya bookbinder.

Jordens menyampaikan ide brilian. Menerbitkan surat kabar. Gayung bersambut. Gubernur Jenderal VOC ke-27 itu setuju. Mereka menamai koran itu Bataviase Nouvelles.

Bataviase merujuk pada sebutan untuk orang-orang Batavia, mereka yang hidup di Batavia dan mereka yang berselera Batavia. 

KORAN apa yang pertama terbit di Indonesia? Harian Berita Indonesia. Terbit pertama kali di Jakarta, 6 September 1945--20 hari paska proklamasi. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News