Ini Manfaat Kompos Jerami: Memperbaiki Kondisi Tanah

Ini Manfaat Kompos Jerami: Memperbaiki Kondisi Tanah
Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman Barat memberikan pelatihan pembuatan kompos jerami padi kepada kelompok Tani Tunas Harapan. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, PASAMAN BARAT - Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, memberikan pelatihan pembuatan kompos jerami padi kepada kelompok Tani Tunas Harapan, Kecamatan Pasaman.

Kompos jerami sangat bermanfaat sebagai alternatif untuk subtitusi pengunaan pupuk kimia. Adapun kandungan hara jerami pada saat panen tergantung pada kesuburan tanah, kualitas dan kuantitas irigasi, jumlah pupuk yang diberikan, dan musim atau iklim.

Salah seorang penyuluh setempat, Lukman mengatakan bahwa hanya sebagian kecil petani menggunakan jerami sebagai pakan ternak alternatif di kala musim kering karena sulitnya mendapatkan hijauan.

Selain itu, jerami masih dianggap sebagai limbah pertanian, sering menjadi permasalahan bagi petani, sehingga sering di bakar untuk mengatasi masalah tersebut.

"Dampak pembakaran tersebut kurang bagus karena bisa meningkatkan kadar CO2 di udara," ujar Lukman melaui keterangan tertulisnya.

Lukman menjelaskan berdasar kebiasaan petani di lapangan, jerami dari sisa panen padi sebagian besar dibakar langsung di lahan dengan tujuan mempercepat persiapan lahan untuk masa tanam berikutnya.

Pembakaran jerami secara terus-menerus di lahan pertanian dapat menyebabkan meningkatnya suhu udara di permukaan tanah serta menyebabkan polusi udara.

"Efeknya dapat memusnahkan mikroorganisme yang berguna dalam proses biologis tanah, seperti perombak bahan organik tanah sehingga berdampak pada menurunnya kadar bahan organik dalam tanah," kata dia.

Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman Barat memberikan pelatihan pembuatan kompos jerami padi kepada kelompok Tani Tunas Harapan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News