Ini Naskah Sumpah Pemuda Jilid II Beserta Makna Filofisnya

Ini Naskah Sumpah Pemuda Jilid II Beserta Makna Filofisnya
Penggagas sekaligus Ketua Forum Jong Indonesia, Hendrik Jauhari Oratmangun (kedua kanan) bersama Ketua Umum Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia (PKRI) Prof Irwanur Latubulual (kedua kiri) dan sejumlah aktifis Pemuda memberikan keterangan pers tentang rencana kegiatan Peringatan Sumpah Pemuda ke-87 dan Deklarasi Sumpah Pemuda Jilid II yang jatuh pada 28 Oktober 2015 di Gedung Pola, Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Sabtu (17/10). FOTO: Friederich Batari/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Ketua Forum Jong Indonesia yang juga Koordinator Peringatan Sumpah Pemuda dan Deklarasi Sumpah Pemuda Jilid II, Hendrik Jauhari Oratmangun menyatakan Deklarasi Sumpah Pemuda Jilid II akan dilangsungkan di Tugu Proklamasi Jakarta, pada 24 Oktober 2015.

Setelah itu, acara yang sama juga digelar antara lain di Kota Bandung, Riau, Kalimantan Utara, Ambon dan Nias di Sumatera Utara.

“Aksi pengumpulan tanda tangan dukungan terhadap Deklarasi Sumpah Pemuda Jilid II dilakukan di Semarang dan Surabaya,” kata Hendrik Jauhari Oratmangun kepada wartawan, di Jakarta, Sabtu (17/10).

Pada kesempatan ini, Hendrik Jauhari Oratmangun didampingi bersama Ketua Panitia Nasional Deklarasi Sumpah Pemuda Jilid II Yani Salampesy; Ketua Panitia DKI Jakarta, Raja Solisa; Dewi Shinta dari Komunitas Hallo Jakarta, mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik Periode 2012-2015, Agustinus Tamo Mbapa (Gustaf), Ketua Umum Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia (PKRI) Prof Irwanur Latubulual; Ketua Umum Reclasseering dan anggota, Bendahara Panitia Nasional, Feli Kawi; Wakil Sekjen DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Sekretaris Panitia Nasional Deklarasi Sumpah Pemuda Jilid II, Shulhan Rumaru, dan sejumlah aktifis kepemudaan.

Berikut naskah Deklarasi “Sumpah Pemuda Jilid II” yakni "Semangat Sumpah Pemuda Merah Putih Menuju Indonesia Hebat"

1. Kami Putera dan Puteri Indonesia Berjanji dengan Segenap Jiwa dan Raga, Tetap Setia kepada Pancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Kami Putera dan Puteri Indonesia Berjanji dengan Segenap Jiwa dan Raga, Mewujudkan Indonesia sebagai Bangsa yang bermartabat, Demokratis, Adil, Makmur dan Sejahtera.

3. Kami Putera dan Puteri Indonesia Berjanji dengan Segenap Jiwa dan Raga, Membangun Indonesia dengan Memuliakan Lautnya dan Berdiri Teguh Didaratannya, dengan Pembangunan yang Berwawasan Cinta Lingkungan.

JAKARTA – Ketua Forum Jong Indonesia yang juga Koordinator Peringatan Sumpah Pemuda dan Deklarasi Sumpah Pemuda Jilid II, Hendrik Jauhari Oratmangun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News