PAN Masuk Kabinet Jokowi di Reshuffle Jilid II?

PAN Masuk Kabinet Jokowi di Reshuffle Jilid II?
Presiden Jokowi. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Isu reshuffle kabinet kian menghangat. Beberapa kalangan menyebut bahwa periode satu tahun pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) yang jatuh pada 20 Oktober mendatang akan dijadikan momentum untuk merombak beberapa menteri di Kabinet Kerja.

Wakil Presiden JK menyatakan, bergabungnya Partai Amanat Nasional (PAN) ke dalam koalisi membuat Jokowi-JK harus mengakomodasi kader partai berlogo matahari itu ke dalam struktur pemerintahan. Apalagi, PAN sudah menyampaikan kesiapan untuk masuk kabinet. "Itu sudah pasti," ujarnya JK kemarin (16/10).

Namun, JK mengaku belum berkomunikasi secara khusus dengan Presiden Jokowi soal rencana kocok ulang Kabinet Kerja. Termasuk, memberikan kursi menteri kepada partai pimpinan Zulkifli Hasan tersebut. "Nanti, tunggu saja," katanya.

Sebelumnya, saat bertandang ke Kantor Wakil Presiden Selasa (13/10), Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN Soetrisno Bachir mengatakan, PAN akan sangat senang jika bisa berkontribusi lebih banyak di pemerintahan dengan menempatkan kader di kabinet. "Kami ingin membantu menyelesaikan masalah ekonomi saat ini," ucapnya.

Secara formal PAN memang belum mengajukan nama kader. Namun, beberapa informasi yang dihimpun menyebutkan bahwa PAN sempat meminta tiga kursi menteri. Tapi, Jokowi mungkin hanya bisa memberikan satu kursi ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) yang bakal diplot untuk Soetrisno serta satu atau maksimal dua kursi menteri buat PAN.(owi/bay/far/dyn/c9/kim)

 

JAKARTA - Isu reshuffle kabinet kian menghangat. Beberapa kalangan menyebut bahwa periode satu tahun pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News