Ini Pentingnya Mempersiapkan Segala Hal Pada Hari Kedukaan

Ini Pentingnya Mempersiapkan Segala Hal Pada Hari Kedukaan
Ilustrasi berduka. Foto: dok. Kamboja

jpnn.com, JAKARTA - Banyak orang yang tidak menyadari dampak apa saja yang terjadi pada setiap kematian berlangsung, khususnya bagi orang-orang yang ditinggalkan.

Founder dari Kamboja Riman Budiman mengatakan kematian masih tabu dibicarakan di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya dalam lingkungan keluarga.

Sehingga di saat “hari itu tiba” justru mereka yang dicinta yang akan dibebankan dengan segala keperluan pengurusan dan biaya pemakaman.

Proses dan pengurusan pemakaman di kota besar bisa merogoh kocek yang cukup tinggi, mulai jutaan hingga ratusan juta rupiah.

"Hal ini tentunya dapat cukup menambah beban mereka yang sedang dirundung kesedihan dan kehilangan," kata Riman dalam keterangan tertulisnya, Jumat (23/4).

Kamboja adalah penyedia layanan perencana, penyelenggara dan pendanaan pengurusan pemakaman yang memberikan pelayanan pengurusan dan pengaturan pemakaman lengkap hingga pembiayaannya.

“Sedikit seram memang jika membayangkan mengenai kematian kita kelak. Namun sebaiknya kita mulai lebih “open minded”, mandiri dan bersiap diri," ujat Riman.

Ada banyak hal yang harus dipersiapkan pada saat hari kedukaan tiba, mulai dari urusan transportasi dan pengurusan jenazah, lokasi pemakaman/kremasi, peti mati, batu nisan, rumah duka/persemayaman, katering/konsumsi pelayat, hingga pengurusan administrasi.

Ada banyak hal yang harus dipersiapkan pada saat hari kedukaan tiba, mulai dari urusan transportasi dan pengurusan jenazah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News